Gelar Uji Kompetensi Mahasiswa, Unsera Tingkatkan Kualitas Lulusan

Peserta uji kompetensi profesi prodi Ilmu Komunikasi Unsera saat mempresentasikan materi yang akan diujikan, di salah satu ruang kelas, Kamis (5/12/2019).*

SERANG, (KB).- Ratusan mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan hukum (FISIPKum) Universitas Serang Raya (Unsera) mengikuti uji kompetensi profesi, di Aula Unsera, Kamis (5/12/2019). Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan Unsera untuk menghadapi dunia kerja.

Ketua Perhumas BPC Bandung Nurlaela Arief mengatakan, uji kompetensi profesi tersebut untuk memastikan kembali mahasiswa prodi ilmu komunikasi Unsera memiliki kompetensi standar untuk kemampuan Public Relation. Jadi diharapkan mahasiswa setelah mengikuti kegiatan tersebut bisa mendapatkan sertifikat.

“Sertifikat tersebut terdiri dari cukup kompeten, kompeten, sudah kompeten atau lebih kompeten. Hal itu untuk mengukur kemampuan mereka di public relation, serta untuk mempersiapkan masuk ke dunia kerja. Tentu harus diperangkati dengan berbagai sertifikat, salah satunya dari perhumas, yang diharapkan meningkatkan kualitas dari lulusan dari Unsera,” kata Lala, Jumat (6/12/2019).

Ia mengatakan, uji kompetensi tersebut didampingi dengan empat tim penguji dari perhumasan Bandung Jawa Barat. Para penguji tersebut merupakan praktisi perusahaan dengan pendidikan minimal S2 serta dua orang Doktor Ilmu Komunikasi. Penguji tersebut sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

“Diharapkan bisa sesuai dengan standar praktiknya seperti apa, juga prosesnya jadi lebih matang. Dalam uji kompetensi tersebut, yang diujikan profesi kehumasan dasar mahasiswa melakukan public speaking. Kemudian membuat kampanye kehumasan, serta membuat dokumentasi kegiatan, dan terakhir membuat evaluasi program. Jadi mereka harus menguasai 4 keahlian tersebut,” ujarnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here