Gelar RAT Ke-5, Kopkar Kabar Banten Siap Kembangkan Unit Usaha

PERTUMBUHAN Koperasi Karyawan (Kopkar) Kabar Banten terus mencatatkan tren positif setiap tahunnya. Pada 2019 ini, Kopkar Kabar Banten juga akan mengembangkan berbagai unit usaha untuk mendongkrak nilai aset.

Hal tersebut mengemuka dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) V tahun buku 2018 Kopkar Kabar Banten, di Kantor Harian Umum Kabar Banten, Jl. Jend. A Yani No. 72 Kota Serang, Rabu (27/3/2019).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten Yani Heriyani beserta pengurus, Pembina Kopkar Kabar Banten Rachmat Ginandjar, Ketua Koperasi Maksuni Husen, Sekretaris Yadi Jayasantika, dan pengurus serta anggota koperasi yang berjumlah 50 orang.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten Yani Heriyani mengatakan, setiap koperasi wajib melaksanakan RAT setiap tahun untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPj) kegiatan koperasi selama satu tahun. Sampai saat ini, dari 200 lebih koperasi yang aktif, baru sedikit yang sudah menggelar RAT. ”Diharapkan kepada koperasi lainnya untuk segera melaksanakan RAT sebelum April,” ujarnya.

Kepada pengurus Kopkar Kabar Banten, Yani mendorong agar melakukan peningkatan simpanan wajib dan penambahan anggota koperasi. ”Karena ini sudah tahun kelima berjalan, diharapkan Kopkar Kabar Banten bisa terus menambah anggota sebanyak-banyaknya, seluas-luasnya dari kalangan luar tidak masalah,” ucapnya.

Ketua Koperasi Kabar Banten Maksuni Husen mengatakan, pada 2018 Kopkar Kabar Banten membukukan kenaikan aset sekitar Rp 25 juta. ”Tahun sebelumnya (2017) tercatat aset koperasi sebesar Rp 135 juta dan tahun 2018 ini menjadi Rp 160 juta. Memang kenaikannya tidak signifikan, tapi akan kami pacu terus setiap tahunnya,” tuturnya.

Ia menuturkan, berbagai program 2019 telah disusun dalam upaya mendongkrak aset koperasi. ”Kami terus berupaya mengembangkan unit usaha agar bisa mendongkrak aset koperasi lebih besar lagi. Selain simpan pinjam, kami juga akan maksimalkan unit usaha warung dengan bekerja sama dengan pelaku UMKM dengan merambah pasar online. Selain itu juga aksesoris Kabar Banten seperti kaos,” katanya.

Pelaksanaan RAT berlangsung dinamis, demokratis dan penuh dengan kekeluargaan dalam setiap pengambilan keputusan. ”Kami adalah koperasi dengan manajemen terbuka dan transparan dalam setiap kegiatan dan pelaporan keuangan. Jadi apabila ada anggota yang ingin mengetahui situasi administrasi keuangan dan yang lainnya silakan bisa ditanyakan langsung ke bidang yang bersangkutan,“ kata pria yang akrab disapa Suni ini. (YS/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here