Selasa, 11 Desember 2018

Gelar Rakor Gakumdu, Bawaslu Samakan Persepsi Hadapi Gugatan Pemilu 2019

SERANG, (KB).- Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang mulai menyamakan persepsi untuk menghadapi adanya gugatan selama proses Pemilu 2019. Hal tersebut, terungkap dalam rapat koordinasi penegakan hukum terpadu (Gakumdu) di Wanda Galuh, Kota Serang, Kamis (1/11/2018).

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi mengatakan, kegiatan rapat koordinasi tersebut, dilakukan untuk menyamakan persepsi antara Kepolisian, Kejaksaan, dan Bawaslu. Dalam upayanya, pihaknya juga melibatkan anggota panwascam di tiap kecamatan. “Itu terkait penanganan pelanggaran,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, melalui Gakumdu tersebut, jika nanti ada terjadi tindak pidana selama pemilu, maka bisa satu persepsi penanganannya. “Terus kalau ada yang kurang juga bisa ditambahkan,” ujarnya.

Disinggung terkait pelanggaran, sampai saat ini masih belum banyak pelanggaran yang terjadi. “Paling hanya kasus APDESI (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) kemarin, yang lain belum ada. Baru satu kasus APDESI saja,” ucapnya.

Kemudian, tutur dia, selain itu pelanggaran yang terjadi hanya dalam soal pemasangan alat peraga kampanye (APK), baik berkenaan dengan tempat atau desain. “Paling kalau di APK enggak ada ketentuan hukum dan tindakan paling terberat menurunkan atau menertibkan,” katanya. (DN)*


Sekilas Info

Penyertaan Modal Bank Banten Terancam Jadi Silpa

SERANG, (KB).- Penyertaan modal untuk PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten Tbk (Bank Banten) terancam menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *