Gelar PKM, IDRI Banten Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

SERANG, (KB).- Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Provinsi Banten mengelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan melakukan edukasi kesehatan ibu dan anak serta mensosialisasikan manfaat BPJS Kesehatan di Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Selasa (16/07/2019).

Bekerjasama dengan Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (Fopkia) Provinsi Banten, BPJS Kesehatan, RS Hermina Ciruas dan Pemerintah Desa Tengkurak, kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu hamil dan menyusui, unsur pemerintah desa, unsur pemuda dan pengurus IDRI Banten.

Ketua Bidang Kesehatan Masyarakat IDRI Banten, Andi Hasryningsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT). Kegiatan ini meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kesehatan Ibu hamil dan menyusui, dan diakhiri dengan pembukaan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan serta pemberian doorprize kepada masyarakat yang hadir.

“Kami berharap masyarakat di Desa Tengkurak lebih memahami dan menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan juga memiliki BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Ketua Fopkia Banten, Kemuning, meminta masyarakat, khususnya ibu-ibu hamil dan menyusui untuk aktif dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan diri. Ia mengatakan, bahwa angka kematian ibu hamil dan bayi di Kabupaten Serang termasuk dalam kondisi yang mengkhawatirkan.

“Berdasarkan data yang kami miliki, angka kematian ibu (AKI) di Kabupaten Serang adalah 43 jiwa, dan angka kematian bayi (AKB) mencapai 125 jiwa per bulan Juli 2019,” ujarnya.

Sementara itu, kepala Desa Tengkurak, Suryadi menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, khususnya kepada IDRI Banten yang sudah mengadakan kegiatan Bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat di desa Tengkurak.

“Kami berharap masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya kesehatan dan segera mendaftar BPJS Kesehatan yang sudah di programkan oleh pemerintah,” ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here