Senin, 17 Desember 2018

Gelar Job Fair, Disnaker Tangsel Buka 10.003 Loker

TANGERANG, (KB).- Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali mengadakan job fair di Lapangan samping ITC BSD, Serpong pada Rabu hingga Jumat (18-20/7/2018). Acara tersebut dibuka langsung Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany dan diikuti oleh oleh 50 perusahaan dengan total lowongan kerja yang dibuka mencapai 10.003 lowongan pekerjaan.

Wali Kota Tangsel mengatakan, bahwa kegiatan rutin tersebut yang digelar Pemerintah Kota Tangsel sangat bermanfaat dan menjadi media untuk mempertemukan para pencari kerja dan perusahaan yang menyediakan lapangan pekerjaan, sehingga melalui acara tersebut, terciptanya mix and match bagi pendidikan dan dunia kerja.

“Dalam sektor ketenagakerjaan diharapkan mampu menjalin komunikasi yang baik antara perusahaan dan pencari kerja, agar tercipta hubungan yang serasi berkesinambungan dan berdampak pada sektor industri perdagangan barang dan jasa,” katanya.

Kemudian juga sebaliknya, lanjut dia, bagi para pencari kerja, agar mendapatkan tenaga kerja yang profesional dan bagi para pengusaha juga diharapkan bisa terus berinvestasi di Kota Tangsel. “Melalui acara ini membuat Kota Tangsel dapat menyerap tenaga kerja dan dapat mengurangi angka pengangguran dan juga mengurangi kemiskinan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi sinergitas dan penyaluran tenaga kerja baik di dalam ataupun di luar negeri,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Tangsel, Purnama Wijaya memastikan, setiap tahun jumlah angka pengangguran meningkat. Terdata ada 43.123 orang warga yang tersebar di tujuh wilayah kecamatan menyandang predikat pengangguran.

“(Pengangguran) naik, di mana angka pengangguran berdasarkan data yang kami punya ada 43.123 orang,” ucapnya. Menurut dia, kenaikan dipicu oleh musim kelulusan sekolah dan pascalibur lebaran. Oleh karena itu, pemerintah daerah kembali menggelar bursa lowongan kerja (loker) atau job fair.

Baca Juga: Serap Tenaga Kerja, Pemkot Tangsel Gelar Jobfair

Pada acara job fair tersebut, pihaknya menggandeng 50 perusahaan. Adapun jumlah kuota yang tersedia ada sekitar 10.030 kursi lowongan pekerjaan. Ia berharap, melalui bursa lowongan pekerjaan angka pengangguran bisa ditekan. “Dan juga mengurangi angka kemiskinan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, lewat kegiatan Job Fair 2017 lalu, tahap pertama jumlah pelamar mencapai 14.285 orang. Adapun penyerapan warga yang berhasil masuk ke industri lapangan kerja hanya 1.257. Kemudian, di acara job fair tahap kedua pada tahun yang sama total jumlah pelamar kerja sebanyak 10.885 orang, sedangkan angka penyerapan hanya 1.027 orang.

Adapun perusahaan-perusahaan yang membuka loker dalam kegiatan tersebut, di antaranya BP3TKI Serang, PT Sinar Sosro, PT Blue Bird, BPR Universal, RS Buah Hati Ciputat, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, PT Eka Mas Republic, PT Courts Retail Indonesia, dan masih banyak lagi.

Didominasi warga luar daerah

Diah, seorang pendatang asal Ngawi, Jawa Timur mengatakan, kedatangannya di job fair, adalah kali pertama. Ia datang ke Tangsel dan mencari kerja setelah lulus SMA. “Habis lebaran saya datang ke Tangsel ikut kakak. Siapa tahu memang rezekinya di sini,” katanya.

Sama halnya dengan Indra Setiawan, lulusan salah satu SMK dari Tenjo, Bogor tersebut datang bersama dengan rekan-rekannya untuk mencari keberuntungan. “Dapat info job fair ini sih dari medsos (media sosial). Semoga saja, saya bisa dapat kerja dari sini,” ujarnya.

Sarpan yang juga datang dari Bogor, sangat antusias untuk datang ke job fair tersebut. Menurut dia, job fair tersebut, sangat bermanfaat bagi dia yang baru lulus SMK. “Berangkat dari Bogor sekitar pukul 07.00 WIB dan bareng sama teman-teman. Kemudian, langsung dapat nomor antrean 405. Yang jelas dengan adanya job fair bagus banget terlebih bagi yang baru lulus SMK seperti saya ini. Semoga saja saya bisa dapat kerja dari sini,” ucapnya. (DA)*


Sekilas Info

Pembatasan Jam Operasional Kendaraan Berat, Puluhan Truk Tronton di Legok Ditilang

TANGERANG, (KB).- Satuan Lalu Lintas Polres Tangerang Selatan (Tangsel) mulai melakukan tindakan penegakan hukum terhadap diberlakukannya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *