Rabu, 26 September 2018

Gelar Deklarasi Pemilu Damai, Titik Rawan Pemilu Di Kabupaten Serang Mulai Dipetakan

SERANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang mulai melakukan pemetaan terhadap sejumlah titik Rawan jelang pemilu serentak 2019. Hal itu diungkapkan dalam acara deklarasi pemilu damai di salah satu hotel berbintang di Kawasan Modern land Cikande, Ahad (16/9/2018).

Hadir pada kesempatan itu, Komisioner KPU Kabupaten Serang Idrus, tokoh masyarakat dan agama, Ketua dan LO partai politik tingkat Kabupaten Serang dan Direktur Harian Umum Kabar Banten Rachmat Ginandjar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Yadi mengatakan, tujuan dilakukan deklarasi pemilu damai ini untuk menciptakan pemilu yang aman damai dan sejuk. Artinya jika ada gesekan dalam masyarakat maka bisa maka dengan deklarasi ini bisa diselesaikan. “Supaya pemilu tidak ada persoalan. Sekalipun ada bisa diselesaikan dengan cara aman,” ujarnya kepada Kabar Banten.

Yadi mengatakan, saat ini pihaknya pun terus melakukan antisipasi terhadap kerawanan pemilu. Salah satunya melalui sosialisasi dan memberikan imbauan kepada partai politik selaku peserta pemilu. “Yang jelas kita memberikan imbauan. Kita pasti akan komunikasi dengan parpol supaya pemilu ini berjalan sesuai keinginan,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya pun sudah melakukan pemetaan terhadap titik Rawan pemilu di sejumlah kecamatan dan TPS. “Pemetaan sudah dilakukan tapi lupa datanya,” ucapnya.

Sementara, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan, sebagai aparat keamanan, melalui deklarasi damai ini pihaknya mengharapkan kedepan pemilu itu dapat berjalan dengan baik, lancar, damai dan sejuk.

Kemudian, dalam pola pengamanan pemilu mendatang, akan ditentukan dengan sebelumnya berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bawaslu dan Polda Banten terkait pengamanan di tiap TPS. “Nanti ada pemetaan (rawan) kategori hijau, merah dan ada yang rawan dan tidak rawan,” ujarnya.

Hasil pemetaan itu nantinya akan dijadikan dasar untuk melakukan pola pengamanan. Pengamanan sendiri akan sampai pada tingkat Kecamatan, desa dan TPS. “Nanti kita siapkan dan sesuaikan dengan titik rawannya. Kita ada 700 personel dan kita akan all out juga untuk mengamankan,” katanya.

Ketua DPD Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim mengaku memberikan apresiasi kepada Bawaslu, KPU dan Polres Serang serta tokoh masyarakat terkait diselenggarakannya deklarasi pemilu damai tersebut. “Bahwasannya menghadapi persiapan kampanye tanggal 23 September sudah dilakukan dengan mengadakan deklarasi artinya kita menjunjung demokrasi dan aturan yang telah ditetapkan penyelenggara,” ujarnya.

Fahmi berharap, partainya bersama partai peserta lain dapat sama sama mentaati apa yang sudah menjadi aturan dari KPU dan Bawaslu dalam menyelenggarakan kampanye. “Ini menjadi pembelajaran kita bersama dalam menyikapi demokrasi di Kabupaten Serang. Dengan deklarasi ini bahwa kegiatan pemilu 2019 lancar, aman dan kondusif dan masyarakat bisa berpartisipasi penuh,” katanya. (DN)*


Sekilas Info

HUT ke-492 Kabupaten Serang, Pemkab Serang Akan Pamerkan Inovasi di Pasar Rakyat

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berencana memamerkan puluhan inovasi dari organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *