Gedung Mapolres Serang Diresmikan, Infrastruktur Penunjang Dikebut

Gedung Mapolres Serang baru di Jalan Bhayangkara Cisait, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.*

SERANG, (KB).- Personel Kepolisian Resor (Polres) Serang resmi menempati gedung baru di Jalan Bhayangkara Cisait, Kawasan Puspemkab Serang, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Jumat (11/1/2019). Gedung baru seluas hampir 2 hektare tersebut diresmikan Kapolda Banten Irjen Pol. Tomsi Tohir.

Meskipun telah resmi pindah kantor operasional, sejumlah fasilitas penjunjang lainnya seperti akses jalan masih terlihat seadanya.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan memastikan, sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar menyiapkan rencana pembangunan menuju gedung baru Mapolres Serang untuk memudahkan akses masyarakat.

“Sementara untuk saat ini, kami fokus peresmian dulu. Nanti, bukan hanya jalan yang akan diperlebar, tetapi juga sudah siapkan plang papan petunjuk yang lebih besar supaya masyarakat bisa mengetahui secara jelas lokasi di sini,” kata Kapolres usai peresmian.

Menurutnya, pembangunan akses penunjang tersebut bisa dibangun pada tahun ini. Menurutnya, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berkomitmen menyiapkan anggaran pembangunan tersebut pada 2019.

“Gedung di depan sudah kosong satu tahun, karena akses jalan yang belum ada. Karena ini sudah diprogamkan, kami pun meminta supaya pembangunan jalannya dipercepat dan mempermudah hibah tanahnya,” ujar Kapolres.

Selain akses di jalur utama, Kapolres juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan setempat supaya bisa membuka jalur alternatif menuju gedung baru Mapolres Serang. Jalur alternatif itu, nantinya akan melintasi wilayah pedesaan dari Kabupaten hingga Kota Serang.

“Itu sudah kami koordinasikan. Sementara ini kan baru bisa lewat depan, nanti akan ada dua jalur, depan sama belakang. Lewatnya nanti ke jalan desa. Kalau sudah begitu, masyarakat juga jadi lebih mudah kalau mau ke sini,” tuturnya.

Kapolres juga memastikan pelayanan sejumlah satuan tugas di gedung baru Mapolres Serang sudah bisa diakses masyarakat, seperti pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pembuatan dan perpanjangan SIM, serta pelayanan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

“Bayangan kita awalnya kirain mau sepi. Tapi Alhamdulilah, kemarin sudah banyak yang datang ke sini. Kami juga pastikan semua sudah beropersi, ruangan yang ada juga kita optimalkan untuk melayani masyarakat,” ucapnya.

Kapolres berharap jajarannya bisa lebih meningkatkan performa dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. “Di gedung baru, kami harapkan semangat dan kinerjanya juga baru,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Banten dalam amanatnya mengatakan, gedung baru Mapolres Serang harus bisa mendekatkan tugas kepolisian dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Kapolda juga berpesan agar anggotanya mampu melakukan terobosan baru sesuai motor kepolisian yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter).

“Segera lakukan trobosan-trobosan kreatif. Segera sosialisasikan juga tempat pelayanan kepada masyarakat bahwa semuanya sudah disini. Supaya masyarakat tahu, sehingga tidak bolak balik dan bertanya-tanya. Polres harus tingkatkan kinerja. Makin cepat melayani, makin baik, makin ramah. Itu yang harus dipikirkan oleh kapolres,” katanya. (Rifat Alhamidi)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here