Gedung Kosong di Pasar Lama Kota Serang Terbakar

Sejumlah petugas sedang melakukan pemadaman ruko kosong yang terbakar di kawasan Pasar Lama, Kota Serang, Rabu (18/12/2019).*

SERANG, (KB).- Sebuah gedung kosong bekas pertokoan di kawasan Serang Plaza, Lingkungan Pasar Lama, Kota Serang, terbakar, Rabu (18/12/2019) sore. Lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Api diduga berasal dari korsleting listrik yang berada di atap gedung.

Seorang saksi, Hardian mengatakan, awalnya tidak ada yang aneh dari gedung kosong tersebut. Namun tiba-tiba tercium bau barang terbakar dan mulai terlihat asap disertai api yang keluar dari dalam gedung melalui atap yang sudah ambruk.

“Tadinya biasa saja, yang saya tahu itu apinya sudah besar. Kemudian, saya cek ke atas dan apinya memang sangat besar. Untungnya tidak ada angin besar, jadi api tidak merambat ke gedung lain,” katanya.

Dirinya mulai melihat api sekitar pukul 17.10 WIB, dan langsung menghubungi pemadam kebakaran.

“Memang kan gedung kosong dan sudah tidak terpakai sangat lama. Tapi setahu saya, tidak ada aliran listrik di dalam gedung. Kalau di atas gedung, memang ada kabel-kabel. Tim pemadam kebakaran mulai datang sekitar pukul 18.00 WIB,” ucapnya.

Ia mengatakan, gedung tersebut sudah hampir lebih 15 tahun tidak terisi.

“Bekas toko sih itu gedungnya, ada sekitar 9 jendela, dan memang didalamnya banyak kayu-kayu dan pohon liar yang tumbuh. Mungkin karena itu juga, jadi api membesar,” ujar Hardian yang juga bekerja sebagai petugas keamanan di salah satu bank yang berdekatan dengan gedung tersebut.

Saksi lainnya seorang juru parkir Wahyu mengatakan, asap mulai muncul pada pukul 16.15 WIB. Namun, api baru terlihat pukul 17.00 WIB, dan tidak ada yang menyadari jika asap dan api tersebut membakar gedung.

“Dari pukul 16.15 WIB, tapi engga ada yang tahu kalau itu kebakaran. Terus pukul 17.00 WIB baru kelihatan apinya,” ucapnya.

Pengamanan

Sementara, Kapolsek Serang AKP Hadi Sucipto mengatakan, pihaknya hanya melakukan pengamanan agar tidak terjadi gangguan.

“Seperti lalu lintas, dari arah polsek itu kami tutup agar pemadam mudah masuk ke lokasi kebakaran. Jadi masyarakat kami imbau untuk menghindar dulu,” katanya.

Sementara hasil keterangan dari saksi, tutur dia, diduga akibat aliran listrik atau korsleting.

“Untuk sementara itu, karena kan kosong sudah lama, tapi aliran listrik masih ada. Kalau kerugian, karena penghuninya sudah tidak ada, dan keadaan gedung pun kosong, belum bisa kami tafsir,” tuturnya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here