Gedung Baru Setda Kota Cilegon Rp 23 M Mulai Dibangun

CILEGON, (KB).- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Cilegon mulai membangun gedung Sekretariat Daerah (Setda) terbaru, di belakang Gedung Praja Mandiri. Gedung yang sebelumnya direncanakan dibangun enam lantai, ternyata hanya dibangun 4 lantai dengan nilai Rp 23 miliar.

Pantauan di lokasi, Selasa (16/7/2019), Dinas PUTR Kota Cilegon telah menutup area pembangunan gedung dengan seng. Tampak terpasang papan proyek berisikan informasi terkait pembangunan gedung.

Tertera pada papan proyek, nilai pembangunan gedung Setda empat lantai sebesar Rp 23.017.925.000. Anggaran pembangunan gedung tersebut, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon 2019.

Tertulis juga jika pelaksana proyek pembangunan, adalah PT Aura Hutaka dan Manajemen Konstruksi dari PT Benattin Surya Cipta. Selain itu, ada keterangan jika proyek yang akan dilaksanakan selama selama 165 hari kalender tersebut, dalam pengawasan dan pengawalan dari Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D)

Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PUTR Kota Cilegon Mugni membenarkan jika proyek gedung Setda empat lantai sudah dimulai. Ia mengatakan, hal tersebut setelah muncul pemenang lelang atas kegiatan tersebut.

“Pembangunan gedung Setda empat lantai ini menjadi program prioritas Kota Cilegon dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menangah Daerah) 2016-2021,” katanya.

Menurut dia, proyek gedung tersebut, ditargetkan selesai pada Desember 2019. “Kami juga menggandeng TP4D dan manajemen konstruksi untuk pembangunan ini, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari,” ujarnya.

Gedung tersebut, tutur dia, akan digunakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang belum memiliki kantor dinas. “Jadi, nanti beberapa dinas kantornya kumpul jadi satu dalam satu kawasan. Saat ini masih banyak dinas yang kantornya ngontrak,” ucapnya.

Ia menuturkan, selain gedung Setda empat lantai, pihaknya juga akan membangun lahan parkir untuk kendaraan dinas dan pribadi yang berlokasi di dekat Masjid Nurul Iman Kawasan Kantor Wali Kota Cilegon.

“Lahan parkir nanti akan terpisah dengan gedung dan lokasinya berada di dekat Masjid Nurul Iman, saat ini kalau untuk landscape itu masih tahap lelang,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUTR Kota Cilegon Muhammad Ridwan mengatakan, pembangunan sesuai surat perintah kerja sejak Kamis (11/7/2019). “Kami berharap, pembangunan selesai tepat waktu dan dan tidak ada masalah,” ucapnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here