Gawat, 16 ABK dari Madrid Reaktif Covid-19

TANGERANG, (KB).-Sebanyak 467 anak buah kapal (ABK) dari Madrid yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta),  Tangerang menjalani rapid test Covid-19, Jumat (29/5/2020). Hasilnya, 16 diantaranya dinyatakan reaktif.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ratusan ABK yang tiba dengan pesawat Charter Wamos Air itu sempat menolak untuk turun dari pesawat lantaran tujuan mereka adalah Denpasar.  Namun, petugas gabungan Gugus Tugas Covid-19 mengambil langkah dengan meminta mereka untuk menjalankan rapid test. 

Terkait hal itu Eksekutif General Manager Bandara Soetta Agus Hariyadi mengatakan seharusnya 467 orang ABK ini turun di Bandara Soetta dan Denpasar.  “Tetapi kami berkoordinasi dengan Kemenlu dan turun di bandara ini,” ujarnya.

Setibanya di bandara mereka langsung menjalani tes cepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran wabah Covid-19.  “Dari hasil pemeriksaan cepat ini kami mendapati 16 orang reaktif positif,” kata Agus.  

Mereka yang reaktif ini akan menjalankan pemeriksaan lebih lanjut. “Kemudian mereka akan di-swab test dan menjalani karantina prinsipal atau agency akan bertanggung jawab memulangkan mereka ke Denpasar, dengan waktu yang belum ditentukan,” tuturnya. 

Komang, salah satu ABK mengatakan dirinya hendak berangkat menuju Denpasar. “Namun 

setelah menjalankan pemeriksaan ini, kami akan menuju hotel untuk menjalankan test swab atau PCR. Ini ditanggung oleh perusahaan,” ucapnya.

Bahkan saat dilakukan test cepat dirinya dinyatakan reaktif positif. “Sempat terjadi polemik di pesawat akibat tujuan kami tidak sesuai,” tuturnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here