Ganti Rugi Lahan Waduk Karian Segera Dibayar

Waduk Karian

LEBAK, (KB).- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya memastikan, proses pembayaran ganti rugi lahan mega proyek Waduk Karian akan segera terealisasi. Kepastian itu setelah pihak Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) berkoordinasi dengan Pemkab Lebak.

“LMAN sudah datang berkoordinasi dengan Pemkab. Mereka menyatakan, dalam waktu dekat akan segera membayarkan uang ganti rugi lahan warga yang terkena proyek pembangunan Waduk Karian untuk memenuhi kebutuhan air di Provinsi Banten dan DKI Jakarta,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Kamis (23/1/2020).

Ia menjelaskan, LMAN akan membayar lahan warga yang memang sudah masuk dalam kawasan genangan Waduk Karian atau sebelumnya sudah terverifikasi di LMAN. Data yang telah terverifikasi, di antaranya Kecamatan Maja, Sajira, Cimarga dan Rangkasbitung, khususnya yang terkena dampak bencana banjir bandang Sungai Ciberang.

“Yang akan dibayar itu lahan yang sudah terverifikasi, dan pemiliknya sudah membuat pernyataan dengan LMAN. Kalau dilihat lahan itu terkena banjir mungkin tidak ada nilainya. Untuk itu, dengan didampingi penegak hukum proses pembayaran lahan warga itu tetap harus sesuai dengan persetujuan sebelumnya,” ujarnya.

Warga tersebut, kata dia, sebelumnya memang telah dilakukan pengukuran, dan itu telah disepakati dan sudah diverifikasi oleh pihak LMAN.

“Untuk itu, LMAN akan bayar sesuai dengan ukuran lahan tanah yang memang sudah diukur dan telah disepakati kedua belah pihak,” ujarnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here