Gandeng Tokopedia, Bank Banten Bantu Pelaku ”E-Commerce”

Direktur Utama Bank Banten, Fahmi Bagus Mahesa bersama Senior Business Development Tokopedia, Levana Tiyasa menandatangani nota kesepahaman antara PT Bank Pembangunan Daerah Banten dengan PT Tokopedia dalam hal kemitraan strategis pada bidang layanan teknologi kepada pelaku UMKM di Kantor Pusat Bank Banten, Jalan Jenderal Sudirman, Lingkungan Kemang, Kota Serang, Jumat (13/10/2017).*

SERANG, (KB).- PT Bank Pembangunan Daerah (Bank Banten) akan membantu para pelaku e-commerce yang ada di Banten dengan menggandeng Tokopedia. Bantuan berupa penyaluran modal untuk para pelaku atau merchant. “Diluar layanan yang diberikan oleh jaringan kantor yang tersebar diseluruh wilayah Banten, kami berusaha mengembangkan kemudahan informasi layanan UMKM dengan melakukan kerja sama dengan mitra strategis yakni dengan Tokopedia yang tentunya telah dikenal luas oleh masyarakat,” kata Dirut Bank Banten, Fahmi Bagus Mahesa kepada Kabar Banten usai peluncuran produk UMKM kredit usaha bangun Banten di Kantor Bank Banten, Jumat (13/10/2017).

Dia mengatakan, perkembangan teknologi saat ini cukup berpengaruh dalam hal transaksi jual beli. Sudah banyak masyarakat yang melakukan jual beli tidak hanya secara langsung tetapi juga secara online. “Ini yang mendorong kami untuk dapat bekerja sama dengan Tokopedia,” kata Fahmi. Setelah dilakukannya kerja sama, dia menjelaskan, Bank Banten akan dapat melihat jumlah pelaku-pelaku usaha yang ada di Banten dalam naungan Tokopedia. Tokopedia dikatakan merupakan salah satu perusahaan e-commerce raksasa atau terbesar yang ada. “Tokopedia itu raksasanya E-commerce,” ucapnya.

Saat ini, lanjutnya, anggota yang telah bergabung dengan perusahaan tersebut sudah hampir 2 juta merchant. Maka, khusus pelaku e-commerce yang ada di Banten, Bank Banten akan memberikan bantuan dana kepada mereka saja.  “Selain itu, kami juga sudah kerja sama dengan Polda terkait pembayaran e-samsat, nanti pembayaran e-samsat maupun PBB bisa melalui Tokopedia,” tuturnya.

Menurutnya, kerja sama yang dibangun tersebut merupakan suatu terobosan untuk dapat membantu program pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). “Diharapkan kerja sama yang telah dibangun dapat memberikan nilai tambah dari sisi finansial,” katanya. Selain Tokopedia, Bank Banten juga telah menjalin kerja sama dengan mitra strategis lainnya seperti PT Jamkrida Banten dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dalam bidang penjaminan kredit serta PT Sadulur Tri Ardhana Telekomunikasi (Startel) dalam bidang kemudahan pembayaran angsuran kredit. (TM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here