Gandeng P3A, Pemkab Serang Ingin Sejahterakan Petani

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggandeng Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) tingkat kabupaten. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Kepala Bidang Irigasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang Nurlaelah mengatakan, peningkatan produksi pertanian dan kesejahteraan petani tidak bisa berjalan sendiri dan harus melibatkan P3A.

“Dari zaman orde baru juga sudah ada namanya ulu -ulu sekarang jadi P3A. Intinya mewadahi para petani dalam hal pembagian air,” ujarnya dalam acara Pembentukan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) tingkat Kabupaten Serang di aula TB Suwandi, Selasa (23/4/2019).

Ia mengatakan, dalam hal pembagian air, pihaknya hanya bertugas agar air selalu tersedia hingga petak tersier. Jika tidak ada perkumpulan maka dikhawatirkan akan terjadi rebutan air. “Makanya harus ada P3A yang wadahi, jadi petani bisa berurusan dengan P3A,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dalam aturan irigasi terdapat saluran induk primer, sekunder dan tersier. Untuk DPUPR hanya berwenang menangani sampai sekunder, sedangkan tersier milik P3A.

“Ini yang peran mereka sudah terkikis, kadang masuk usulan rehab yang jadi kewenangan jaringan tersier. Secara aturan itu itu harusnya yang tangani P3A sendiri,” katanya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here