Gandeng 35 Perusahaan, Disnakertrans Kota Serang Akan Gelar Job Fair

SERANG, (KB).- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang akam menggelar pameran bursa kerja atau Job Fair 2019 di Alun-alun Kota Serang pada Selasa (23/7/2019) mendatang.

Hal tersebut, dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menekan angka pengangguran.

Kepala Disnakertrans Kota Serang Ahmad Benbela mengatakan, bertambahnya jumlah pengangguran dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pemohon surat AK1 (surat kuning). Jika pada hari biasa rata-rata hanya 70 orang per hari, kini menjadi 250 pemohon per hari pascakelulusan sekolah.

Jumlah itu, kata dia, terus meningkat setelah Idulfitri. Bahkan, bisa mencapai 400 pemohon per hari atau meningkat 150 orang.

“Yang 150 ini bisa jadi mereka PKM (Pencari Kerja Migran). Jadi, tidak hanya Disnaker, tapi Disdukcapil juga ramai karena untuk mendapatkan kartu kuning harus mengurus perpindahan KTP,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (2/6/2019).

Ia menuturkan, job fair akan melibatkan puluhan perusahaan di Kota Serang dan undangan beberapa perusahaan di luar Kota Serang.

“Tanggal 23 kami undang untuk melaksanakan job fair di alun-alun. Kami berharap, tidak kurang dari 35 perusahaan. Lowongan yang disediakan setiap perusahaan rata-rata 50 lowongan,” ucapnya.

Selain menggelar job fair, tutur dia, pihaknya juga saat ini sedang mempersiapkan sistem online dalam menginformasikan adanya rekrutmen pekerjaan dari perusahaan dan adanya permintaan dari pencari kerja. Dengan sistem tersebut, kata dia, para pencari kerja bisa dengan cepat mendapatkan informasi.

“Sistem online itu namanya sistem informasi pasar kerja, itu sedang disiapkan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan informasi yang cepat kepada pencari kerja dan perusahaan bisa mengurangi jumlah pengangguran di Kota Serang. Di Kota Serang tidak ada industri besar, yang ada jasa dan perdagangan. Tetapi, sebagai ibu kota provinsi, Kota Serang banyak didatangi dari berbagai daerah.

“Kami juga sudah komunikasi dengan Kominfo. Targetnya dengan informasi lebih cepat ada penurunan tingkat pengangguran,” ucapnya.

Ia mengatakan, selama ini Disnaker baru menjembatani informasi antara pencari kerja dan perusahaan yang sedang membuka rekrutmen melalui offline. Biasanya, pihaknya memberikan ruang kepada perusahaan untuk menempelkan informasi di Disnakertrans dan memfasilitasi perusahaan mendapatkan calon karyawan.

Saat ini, sudah ada dua perusahaan yang membuka rekrutmen dan pelamar bisa mendatangi Disnakertrans. “Sudah ada dua, (perusahaan) jasa pengantaran ‘Anter Aja’ sama Roti’O,” tuturnya. (Masykur/RI)*

6 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here