Gaji Guru Honorer di Kota Serang Naik 100 Persen

SERANG, (KB).- Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang Pujianto membenarkan, jika pihaknya telah menyepakati dan mengesahkan penambahan anggaran gaji guru honorer di Kota Serang menjadi Rp 10 miliar.

Diketahui, pada 2019 ini, gaji guru honorer hanya dianggarkan Rp 5 miliar. Ia mengatakan kenaikan tersebut, dilakukan dengan alasan untuk memberikan kesejahteraan serta memberikan yang terbaik bagi para guru honorer.

“Iya betul, penambahannya untuk gaji guru honorer itu sekitar Rp 5 miliar pada tahun 2020 nanti. Itu sudah disepakati dan disahkan tadi dan tentu kami berharap dapat mencukupi,” katanya, Senin (25/11/2019).

Ia menjelaskan, angka tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, dalam memberikan kesejahteraan terhadap guru honorer.

“Kalau dikatakan cukup atau tidak, tentu masih belum mencukupi, karena masih jauh. Tapi, setidaknya ada kenaikan pendapatan atau honor mereka. Kami pun ingin memberikan yang terbaik bagi mereka,” ujarnya.

Anggaran tersebut juga, ucap dia, untuk mencukupi sebanyak 1.000 orang guru honorer di Kota Serang.

“Kalau secara keseluruhan, di Banten itu ada 15.000 guru honorer. Tapi, khususnya di Kota Serang sebanyak 1.000 guru honorer. Intinya ada perubahan dan ada kemajuan,” tuturnya.

Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi mengatakan, hal yang sama, pengajuan kenaikan gaji guru honorer pada 2020 telah ditetapkan.

“Itu sudah, tadi sudah disahkan, sudah disepakati juga. Iya, sekitar Rp 5 miliar. Jadi, tahun 2020 itu menjadi Rp 10 miliar untuk kesejahteraan guru honorer,” katanya.

Sementara, untuk tunjangan penghasilan pegawai (TPP), dia menjelaskan, pada 2020 telah dianggarkan sebesar Rp 30 miliar. Namun, kewenangannya ada di Badan Pegelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Kewenangannya di sana (BPKAD). Tapi, saya berharap tunjangannya besar untuk para guru,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Zeka Bachdi menuturkan, pihaknya telah mengajukan kenaikan gaji guru honorer sebesar Rp 5 miliar pada 2020.

“Jadi tahun ini kan gaji guru honorer itu hanya Rp 200.000 per bulan. Untuk tahun depan, rencananya dan keinginan kami itu naik 100 persen, menjadi Rp 400.000, sehingga kenaikan tahun depan, diharapkan dapat naik Rp 5 miliar, dan total anggaran menjadi Rp 10 miliar,” ucapnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here