Gaji dan Tukin ke-13 ASN Pemprov Banten Cair Juli

SERANG, (KB).- Gaji dan tunjangan kinerja (tukin) ke-13 bagi apatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemprov Banten dipastikan cair pada Juli mendatang. Gaji ke-13 dicairkan Senin (1/7/2019) mendatang, bersamaan dengan gaji reguler bulan yang sama, sedangkan tukin ke-13, menyusul setelahnya.

Informasi yang dihimpun wartawan, pemberian gaji dan tukin ke-13 dan 14 tahun anggaran 2019 tertuang dalam surat edaran (SE) Gubernur Banten Nomor 900/1714-BPKAD/2019. Dalam SE tertuang, bahwa gaji dan tukin ke-13 dan 14 diberikan berdasarkan pada Perda Provinsi Banten Nomor 9 Tahun 2018 tentang APBD Tahun 2019. Tujuannya meningkatkan kesejahteraan pegawai di Lingkungan Pemprov Banten.

Komponen yang dibayarkan, terdiri atas Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dengan gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan, pimpinan dan anggota DPRD dengan uang representasi, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. Kemudian, ASN/CASN dengan gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, serta tambahan penghasilan ASN.

Untuk gaji ke-14 sendiri sudah dicairkan sebelum Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah. Tidak hanya komponen tersebut, gaji ke-14 juga diberikan kepada honorer dengan besaran satu bulan kerja.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Dwi Sahara menuturkan, pihaknya sudah mempersiapkan anggaran untuk pemenuhuan gaji dan tukin ke-13. Besarannya tidak jauh dari gaji dan tunjangan ke-14 yang sudah diberikan. “Sekitar Rp 43 miliar,” katanya, Ahad (16/6/2019).

Ia meminta, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Banten segera mengajukan kebutuhan gaji dan tunjangan ke-13 untuk ASN masing-masing ke Bendahara Umum Daerah (BUD). Pengajuan gaji ke-13 disampaikan selambat-lambatnya pada pertengahan Juni dengan menunggunakan dasar penghasilan pada Juni.

Sementara, tunjangan jabatan dan tambahan penghasilan ASN berdasarkan kinerja pada April 2019. Pengajuannya sendiri berupa surat perintah membayar (SPM) dan kelengkapannya sebagai dasar penerbitan surat perintah pencairan dana (SP2D).

Asisten Daerah (Asda) II Provinsi Banten Ino S Rawita menuturkan, pada penyediaan anggaran untuk pemberian THR atau gaji ke-14 sudah dicarikan sebelumnya tidak menemui kendala. Untuk gaji dan tukin ke-13, dia meminta OPD segera mengajukannya ke BUD. “Makanya, secara administrasi didorong, jangan nanti mengganjal. Jangan yang ini cair yang itu enggak kan kasihan,” ucapnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here