Gaji ASN Naik, Baznas Harap Ada Peningkatan Zakat

SERANG, (KB).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang berharap, potongan zakat aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang naik. Hal tersebut menyusul adanya kenaikan gaji pokok ASN sebesar 5 persen di tahun ini.

“Kami sih berharap, ada kenaikan potongan zakat ASN. Sebab, gaji ASN juga naik tahun ini,” kata Kepala Baznas Kabupaten Serang Wardi Muslich kepada Kabar Banten, Jumat (5/7/2019).

Ia menuturkan, saat ini adanya kenaikan penghasilan ASN di Lingkungan Pemkab Serang belum terlihat pengaruhnya pada pendapatan zakat di Kabupaten Serang. Kenaikan gaji ASN, meskipun tidak banyak, namun pihaknya berharap, ada pengaruh pada kenaikan atau target pencapaian zakat ASN di tahun ini. Progresnya akan terlihat di akhir tahun nanti.

“Sampai sekarang belum kelihatan pengaruhnya. Baru kelihatan nanti pada akhir tahun 2019,” tuturnya.

Ia menjelaskan, selama ini zakat ASN Pemkab Serang dipotong dari penghasilan bruto. Seharusnya jika gaji pokoknya naik, maka zakatnya juga harus naik. Namun, hingga saat ini, pihaknya belum meneliti lebih rinci dari setoran yang masuk. Sebab, hingga saat ini, pihaknya belum melakukan komunikasi lagi dengan pemkab.

“Harusnya kalau naik gajinya, zakatnya juga bisa naik. Nanti kami coba cek dulu setorannya, apakah ada pengaruhnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, Baznas Kabupaten Serang menargetkan perolehan zakat untuk tahun ini sebesar Rp 12,4 miliar. Dari Januari hingga Juni 2019 sudah terkumpul sekitar Rp 5,7 miliar. Pihaknya optimistis, target perolehan zakat untuk tahun ini dapat tercapai dibandingkam tahun sebelumnya. Sebab, selama lima bulan perolehan zakat sudah mampu diperoleh setengahnya.

“Kalau melihat sekarang ini baru 5 bulan, tahun ini optimistis, bisa tercapai nanti akan kami giatkan lagi tahun berikutnya,” ucapnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here