Gaet Pemerintah, Kadin PB Pandeglang Akan Bina UMKM

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Paradigma Baru (PB) Kabupaten Pandeglang menggaet pemerintah daerah untuk menjalin kerja sama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM (Disperindag dan ESDM) Kabupaten Pandeglang. Program tersebut dilaksanakan dalam rangka pembinaan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Bidang Industri Disperindag dan ESDM Kabupaten Pandeglang Dede Anwar Hidayat mengatakan, pertemuan dengan para pengurus Kadin PB membahas kesepakatan terkait pembinaan UMKM. Sebab, keberadaan UMKM di Pandeglang tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan harus ada pelibatan stakeholder, termasuk Kadin PB Pandeglang.

”Kami menjalin sebuah kesepakatan, karena Kadin hari ini berbicara konsep pengembangan UMKM. Saya memberikan penguatan posisi siapa berbuat apa, nanti kita bangun konsep selanjutnya,” kata Dede seusai menghadiri koordinasi dengan Kadin PB Pandeglang di Kantor Kadin, Rabu (26/2/2020).

Menurut dia, soal pembinaan UMKM tentunya Kadin memiliki akses dengan dunia usaha dan itu yang dibutuhkan oleh pemerintah. Sebab, hakikatnya yang dibutuhkan para pelaku usaha dalam pembinaan itu adalah pasar.

”Ya, sehebat apapun kita melakukan pembinaan tanpa diserahkan oleh pasar itu tidak akan maksimal,” tuturnya.

Mengenai Memorandum of Understanding (MoU), lanjut Dede, Kadin PB Pandeglang akan menawarkan pola sinergitas pembinaan UMKM, seperti pembinaan pemasaran. Menurut dia, MoU itu penting dilakukan untuk mengikat kerja sama yang berkelanjutan.

”Kemudian bagaimana menyikapi industri-industri yang saat ini sedang berkembang, baik itu di Provinsi Banten maupun di Pandeglang. Itu kan kita juga harus minta sumbang saran dari rekan-rekan Kadin,” ucapnya.

Wakil Ketua Bidang Jasa Konstruksi Umum dan Industri Kadin PB Pandeglang Ilma Fatwa, siap mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi Pandeglang sebagai kawasan industri baru. Selain itu, akan dilakukan pembinaan industri kecil yang selama ini belum efektif, termasuk membantu pemasaran.

Direktur Eksekutif Kadin PB Pandeglang Entus, menyatakan akan menyusun draf kesepahaman antara Kadin PB dengan Disperindag dan ESDM Pandeglang. “Kami akan meminta Disperindag dan ESDM untuk memberikan data UMKM, konsep industri kecil dan industri menengah berbasis kawasan,” ujarnya.

Ketua Kadin PB Pandeglang, Raden Deden Hertandi menyatakan sudah menyebar surat undangan ke sejumlah OPD untuk berkoordinasi. Ia menilai, koordinasi dengan OPD penting untuk saling menopang program kerja antara Kadin PB dengan pemerintah daerah.

“Program kerja Kadin PB sangat luas, karena hampir di semua OPD saling berhubungan,” tutur Deden. (Iman Fathurohman)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here