FSPP Apresiasi Pengesahan RUU Ponpes

FSPP Banten

SERANG, (KB).- Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Banten mengapresiasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Pondok Pesantren yang sudah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dengan disahkannya RUU Ponpes, salah satu bentuk pengakuan pemerintah terhadap pesantren.

Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Banten Ikhwan Hadiyin menilai UU Pondok pesantren tersebut melindungi secara hukum, kemudian ada hak-hak pemerintah kepada pesantren.

“Kami memberikan apresiasi, serta bersykur atas perjuangan panjang untuk memperjuangkan undang-undang tersebut. Dengan disahkan undang-undang itu, sangat menguntungkan pondok pesantren,” kata Ikhwan saat dihubungi Kabar Banten, Kamis (26/9/2019).

Ia menjelaskan, sudah selayaknya pondok pesantren yang telah berjuang berabad-abad belum diatur oleh pemerintah, kini sudah disahkan oleh DPR. Dengan adanya peraturan tersebut, pemerintah sudah satu langkah lebih maju.

“Kami juga sudah sampaikan kepada Komisi 8 DPR , bahwa pesantren-pesantren FSPP sudah kompak dan bersyukur untuk mendukung undang-undang pondok pesantren. Meskipun masih ada kekurangan-kekurangan, tetapi tidak apa-apa sambil jalan,” ujarnya.

Ia mengatakan, undang-undang tersebut dapat menguntungkan pesantren, termasuk kesejahteraan guru. Sehingga, pondok pesantren bisa disamaakan dengan sekolah umum.

“Kami berharap, dengan adanya undang-undang tersebut, tidak ada lagi diskriminasi lagi terhadap pondok pesantren. Selama ini, pondok pesantren itu dipandang sebagai pendidikan nomor dua. Dengan adanya undang-undang tersebut, dapat disamaakan dan lebih memperhatikan pondok pesantren. Karena, pondok pesantren sudah lahir sebelum kemerdekaan,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here