Sabtu, 20 Oktober 2018

Forum WR 1 BKS-PTN Barat Siapkan E-Learning

SERANG, (KB).- Forum Wakil Rektor Bidang Akademik Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat menggelar silaturrahim, Jumat-Sabtu (4-5/5/2018).

Kegiatan berlangsung di Gedung Serbaguna Universitas Terbuka Pondok Cabe-Jakarta, antara lain diisi pengenalan e-learning. Hadir pada kesempatan itu, para Wakil Rektor Bidang Akademik dari 28 PTN yang tergabung dalam BKS-PTN Wilayah Barat.

Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Moh. Yunus, MA, mengatakan inti dari acara tersebut yaitu memperkuat kebersamaan dan kolaborasi untuk membuat lebih baik.

“Silaturrahim ini antara lain diisi pengenalan e-learning dan memperkukuh kerjasama di bidang akademik, khsusunya terkait e-learning,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Untirta selaku Ketua Forum Wakil Rektor BKSPTN Wilayah Barat, Dr. H. Fatah Sulaiman, MT, mengatakan perguruan tinggi harus belajar dari Universitas Terbuka terkait dengan modul pembelajaran berbasis daring.

“Menristek Dikti pernah menyampaikan bahwa pada tahun 2019 seluruh layanan di PTN minimal ditargetkan 40% sudah berbasis daring”, ujar Fatah Sulaiman.

Hal sama dikatakan Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd. Menurutnya, PTN harus mengambil pengalaman dari UT yang memang dari awal menggunakan metode penddikan jarak jauh.

“Selain itu, UT juga memiliki mahasiswa paling besar karena sudah menembus dunia”, ujar Sholeh Hidayat.

Sementara itu, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D, mengatakan, sesuai dengan amanat yang dimuat dalam UU No 12 tahun 2012, bahwa penyelenggaraan pendidikan tinggi dapat dilaksanakan dengan modus tunggal dan modus ganda.

“Online learning merupakan program strategis yang akan digarap lebih serius. Itu artinya, penyelenggaraan pendidikan jarak jauh bukan lagi monopoli UT, tetapi kesempatan ini akan dibuka secara lebih luas, ujarnya.

Dalam kaitan ini, kata dia, UT harus bersedia memfasilitasi bersama-sama membangun kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh PTN. Dengan demikian, PTN tatap muka juga memiliki kapasitas untuk merealisasikan amanat UU tersebut.

Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, Rektor UT periode 2010-2017, menyampaikan materi tentang pembelajaran jarak jauh yang UT jalankan.

“E-learning merupakan belajar melalui internet”, ujarnya.

Dikatakan, tutorial UT menggunakan tutorial online berbasis website. UT juga masih melakukan tatap muka, tetapi ini sangat jarang, hanya berdasarkan jika ada permintaan.

Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si, pengajar Public Speaking UT, berharap dengan pertemuan tersebut maka seluruh PTN yang tergabung pada BKS-PTN Wilayah Barat dapat segera melaksanakan program pendidikan jarak jauh. (SY)*


Sekilas Info

Makna Zakat Alami Pergeseran

SERANG, (KB).- Akademisi di Southeast Asian Anthropology (SOAS) University of London Kostas Retsikas mengatakan pada banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *