Forum GenRe Kampayekan #GerakanKembaliKeMejaMakan

SERANG, (KB).- Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tahun 2019, Forum Generasi Berencana Indonesia (FGBI) Provinsi Banten menggelar berbagai kegiatan diantaranya GenRe On Air Harganas, Photo dan Video Contest Instagram dengan bertemakan #GerakanKembaliKeMejaMakan.

Selain itu, FGBI juga mengelar rangkaian kegiatan seperti Flashmob, Lomba Rangking 1 GenRe, Photo Contest Instagram, Mini Talkshow dan ada juga Challange menelpon orang tua untuk mengungkapkan rasa terima kasih terhadap orang tua dan mengungkapkan perasaan sayang kepada orang tua.

Di era millenial ini, remaja mempunyai sahabat baru yaitu “Gadget”, dimana gadget dan tangan anak khususnya remaja seakan menempel satu sama lain. Hal ini bisa menimbulkan pola komunikasi yang buruk antara orang tua dengan anak sehingga dibutuhkan suatu gerakan untuk mengkampanyekan pola komunikasi yang baik antara orang tua dengan anak. Salah satu kampanye yang di gaungkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yaitu #GerakanKembaliKeMejaMakan.

Kepala Sub Bagian (Kasubid) bina ketahanan remaja BKKBN Provinsi Banten Ida Maulida menyampaikan bahwa melalui kampanye ini diharapkan dapat menyadarkan kaum millenial khususnya remaja untuk dapat memperbaiki pola komunikasi antara anak dengan orang tua melalui moment saat makan bersama keluarga.

“Ketika makan bersama dalam keluarga, perbincangan yang di bahas antara orang tua dengan anak akan menjadi lebih santai dan sang anak pun akan lebih terbuka untuk menceritakan semua hal yang dialami oleh sang anak dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya, pada peringatan Harganas ke-26 tahun 2019 Forum Generasi Berencana Indonesia Banten (FGIB) yang bertema “Cinta Keluarga, Cinta Terencana. Keluargaku, Sahabatku”, di Alun-alun Barat Kota Serang, Ahad (21//7/2019).

Ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan para remaja agar terhindar dari permasalahan-permasalahan remaja serta menyadarkan para remaja khususnya di Provinsi Banten untuk meningkatkan kedekatan komunikasi antara orang tua dengan anak ataupun kakak dengan adik, agar dapat menciptakan keluarga yang berketahanan serta mewujudkan terciptanya keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Keharmonisan yang terjalin dalam keluarga akan mempengaruhi para generasi muda dalam membentuk karakternya di masa depan. “Salah satu cara untuk mewujudkan keharmonisan dalam keluarga yaitu melalui pola komunikasi yang terjalin dengan baik antara orang tua dengan anak. Dengan adanya komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua, maka anak tidak akan segan terhadap orang tuanya, bahkan diharapkan menjadikan orang tua sebagai sahabat,” ujar Ida.

Selain itu, dengan kedekatan orang tua dan anak yang terjalin seperti sebuah persahabatan, anak tidak akan merasa segan untuk menceritakan semua kegiatan, semua pengalaman, sebuah permasalahan dan pencapaiannya dalam hidupnya kepada orang tua,” ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here