FORMI Kota Cilegon Roadshow 8 Kecamatan

Ketua FORMI Kota Cilegon Ratu Ati Marliati (memegang bendera start) saat melepas peserta jalan sehat di Lingkungan Pecek, Kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang, Sabtu (7/9/2019).*

CILEGON, (KB).- Federasi Olah raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Cilegon melakukan sosialisasi dengan road show ke seluruh kecamatan yang ada di Kota Baja. Hal itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri menjelang Hari Olah Raga Nasional (Haornas).

Ketua FORMI Kota Cilegon Ratu Ati Marliati mengatakan, tema peringatan Haornas tahun ini adalah “Ayo Olahraga, Di Mana Saja, Kapan Saja”. Untuk itu, FORMI memperkenalkan diri ke berbagai lapisan masyarakat.

“Artinya, tema ini mengandung makna bahwa olah raga itu mudah, karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Menjadi penting agar masyarakat Kota Cilegon tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia,” katanya usai melepas peserta jalan sehat di lapangan Pecek Kelurahan Gedong Dalem Kecamatan Jombang, Sabtu (7/9/2019).

Dia mengatakan, FORMI sebagai salah satu federasi olah raga rekreasi akan melakukan road show di 8 kecamatan yang dimulai dari Jombang, Cibeber, Cilegon dan seterusnya. Tujuan FORMI roadshow, kata Ati adalah memperkenalkan bahwa organisasi FORMI ada di Kota Cilegon.

“Kenapa kami pilih daerahnya diperbatasan, karena disana kami kurang dikenal. Untuk itu, FORMI akan melakukan road show di 8 kecamatan, untuk kelurahan yang ada di daerah perbatasan. Kami berharap keberadaan FORMI dikenal dan masyarakat akan melestarikan olah raga tradisional bersama dengan FORMI,” ujarnya.

Ati juga menambahkan, sejumlah olah raga tradisional seperti enggrang, gobak sodor, bentengan, boy-boyan serta yang lainnya hanya dikenal saat masa tahun 1980. Untuk itu, kata dia, sudah menjadi tugas FORMI dan masyarakat untuk bersama melestarikan olah raga tersebut, demi terwujudnya keluarga dan masyarakat Indonesia, khususnya Kota Cilegon berkualitas, sehat dan bugar.

“Jadi misi FORMI sendiri adalah menanamkan budaya dan kegemaran berolahraga sejak usia dini. Kemudian menyebarluaskan olahraga rekreasi masyarakat ke seluruh pelosok, termasuk didaerah perbatasan ke segenap lapisan masyarakat dan meningkatkan derajat kesehatan dan produktivitas masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris FORMI Kota Cilegon Arysandi mengatakan, kegiatan FORMI dalam melakukan roadshow berdasarkan hasil raker ditahun 2018. Untuk roadshow ini, kata dia, FORMI hanya memperkenalkan senam, untuk olah raga tradisional lainnya akan ada gebyar olah raga rekreasi.

“Kegiatan FORMI hari ini dan seterusnya adalah kegiatan yang sudah direncanakan dan dipersiapkan pada saat raker tahun 2018. Kenapa FORMI hanya menampilkan senam saja, padahal cabang olah raga rekreasi masyarakat banyak, karena ada momen tertentu yang akan kami gebyarkan diolahraga rekreasi,” ucapnya.

Ari menambahkan, FORMI akan melestarikan dan mengembangkan olahraga rakyat dan olahraga rekreasi, yang berciri massal, tradisional dan khusus. Selain itu juga, meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia dalam rangka pengelolaan organisasi olahraga rekreasi-masyarakat.

“Dan kami akan membantu tersedianya sarana olah raga rekreasi masyarakat terutama olah raga yang banyak mengundang massa salah satunya adalah olah raga gobak sodor dan lainnya,” tuturnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here