FKIP UMT Kenang Sapardi Djoko Damono

Tangkapan layar webinar mengenang Sapardi Djoko Damono, yang diselenggarakan FKIP UMT, Senin (27/7/2020).*

TANGERANG, (KB).- Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) menyelenggarakan web based seminar (webinar) mengenang sastrawan Sapardi Djoko Damono serta Sajak Sebagai Pilihan Hidup melalui virtual, Senin (27/7/2020).

Dekan FKIP UMT Enawar mengatakan, sudah sepekan Sapardi Djoko Damono tutup usia, banyak karya-karya yang dilahirkan dalam dunia sastra. Ia menuturkan, pilihan kata yang sederhana dapat melahirkan imajinasi yang luar biasa.

“Tidak dimungkiri, bahwa sastra memiliki andil yang besar terhadap kemajuan suatu bangsa. Mahasiswa dan calon guru bahasa Indonesia harus belajar, bahwa sastra bukanlah fiktif, yakni sebuah perenungan dalam refleksi kehidupan, tentang alam, tentang sesama, tentang rasa,” katanya.

Ia mengatakan, karya sastra merupakan bagian dari refleksi pemikiran dari penulisnya, termasuk juga bagi almarhum Sapardi. Hal tersebut dijadikan sebagai bentuk kepedulian dari keseharian yang ada di sekitarnya, untuk melahirkan sebuah karya sastra. Mahasiswa dan dosen dapat mengeluarkan ide, mengenal rasa, dan berimajinasi dalam coretan tinta yang akan menjadi karya sastra.

“Karya sastra merupakan suatu pemikiran yang mendalam. Curhatan hati, torehan pena yang berbentuk karya sastra tidak fiktif, melainkan membicarakan politik, keutuhan negara, dan juga negara,” ujarnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here