FK KBIHU Kota Serang Siapkan Penyelenggara Ibadah Haji

Anggota dan Ketua FK KBIHU Kota Serang foto bersama Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Serang, usai melakukan pertemuan KBIHU se-Kota Serang, di KBIHU Umi Kasimah, Kamis (20/2/2020).*

SERANG, (KB).- Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (FK KBIHU) Kota Serang meminta KBIHU untuk menyiapkan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2020, yakni melakukan bimbingan manasik haji di Kota Serang.

“Kami mengumpulkan KBIHU Kota Serang agar terjalin kebersamaan dalam mengemban tugas yakni melakukan bimbingan manasik haji (bimsik) untuk jemaah calon haji. Alhamdulillah Kota Serang sudah melaksanakan bimsik sebanyak 6 hingga 8 kali pertemuan,” kata Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Serang Deni Rusli, Kamis (20/2/2020).

Ia mengatakan, pertemuan tersebut untuk melaksanakan program selanjutnya agar dapat diberikan kemudahan. Pihaknya berusaha keras bersama pemerintah Kementerian Agama untuk melakukan pembinaan bimbingan dan perlindungan jemaah haji.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah dan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 59 Tahun 2019 tentang pedoman operasional kelompok bimbingan.

“Pemerintah bersama masyarakat melakukan bimbingan manasik haji, KBIHU harus melakukan bimbingan manasik haji paling sedikit 15 kali pertemuan. Penyelenggaraan ibadah haji merupakan nasional. Kami melakukan persiapan dan pelaksanaannya harus dilaksanakan dengan bersama-sama sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing termasuk di dalam KBIHU,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan kerja sama dan partisipasi KBIHU dalam penyiapan bimsik haji diharapkan jemaah calon haji di Kota Serang dapat beribadah dengan baik sesuai dengan syariat.

“Syarat rukun, wajib dan sunah haji dapat dilaksanakan dengan sempurna mungkin sehingga dapat predikat haji mabrur,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here