FISIP Untirta dan HIPIIS Gelar Seminar Nasional, Ilmuwan Sosial Dituntut Terus Berinovasi

SERANG, (KB).- Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untira) bekerja sama dengan Himpunan Indonesia Untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) menyelenggarakan seminar nasional mengenai peranan ilmu sosial dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, di Aula Unitra, Pakupatan, Serang, Selasa (18/9/2018).

Puskapol UI HIPIIS Alfan, Alfian mengatakan, demokrasi harus didorong, untuk lebih berkualitas. Tantangan ilmuwan sosial juga, adalah berkompetisi dengan para pesohor media sosial dalam merespons perkembangan sosial politik.

“Peran akademisi di bidang sosial harus banyak berperan dalam pembangunan yang berkelanjutan. Transformasi sosial saat ini lebih berat dibandingkan zaman dahulu. Ilmuwan sosial perlu terus berinovasi dan berkontribusi untuk memajukan bangsa,” katanya kepada Kabar Banten.

Ketua Harian HIPIIS, Alpha Amirrachman menuturkan, bahwa dalam demokrasi ilmuwan sosial berperan dalam mendorong lahirnya kebijakan publik yang berpihak pada masyarakat. Oleh karena itu, sebagian ilmuwan sosial masuk ke dalam lembaga pemerintahan untuk mendorong hal tersebut. “Ilmuwan sosial harus mengikuti dan aktif di dunia sosial, jangankan dari influencer media sosial,” ujarnya.

Rangkaian seminar tersebut juga diikuti dengan parallel session, menghadirkan pemakalah dari berbagai universitas di Indonesia, seperti UI, UGM, Universitas Mercubuana, UPN Veteran, dan laibn-lain yang menghadirkan hasil-hasil riset terkait lmu sosial dan demokrasi. Hasil-hasil riset tersebut dipublikasikan dalam Proceeding Seminar dan Journal of Government. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here