Final Soeratin U-17, Persipan Ingin Ciptakan Sejarah

Tim Sepakbola U-17 Persipan Pandeglang.*

MALANG, (KB).- Persipan Pandeglang secara mengejutkan melenggang ke babak final turnamen Piala Soeratin U-17. Persipan melanggeng ke babak final setelah membukukan kemenangan atas Persikabo Kabupaten Bogor dengan skor 3-1 dalam laga yang digelar di Stadion Paskhas Kota Malang, Kamis (7/2/2019). Pada babak final, Persipan akan menghadapi tim kuat Persebaya Surabaya U-17, Sabtu (9/2/2019) hari ini.

Manajer Klub Persipan Ahmad Zubaedi mengatakan, keberhasilan timnya melaju ke babak final tidak disangka sama sekali. Sebab, di kompetisi tingkat nasional tersebut, Persipan tidak memasang target final melainkan hanya berpartisipasi saja. “Tentu ini diluar dugaan kami. Kami tidak menyangka bisa melaju sampai sejauh ini,” ujar Ahmad saat dikonfirmasi Kabar Banten, Jumat (8/2/2019).

Ia menjelaskan, keberhasilan timnya melaju ke babak final karena para pemainnya bermain tanpa beban. Selain itu juga suntikan motivasi dari pelatih dan manajemen membuat pemain bermain sangat baik disetiap laganya.

“Kami tekankan, ini kompetisi yang baik untuk memperlihatkan kemampuan mereka karena ini ajang untuk menjual diri. Banyak klub-klub yang akan menyaksikan laga tersebut dan mereka termotivasi,” kata Ahmad.

Selain itu, kata Ahmad, para pemain sudah melakukan persiapan latihan selama hampir satu tahun terakhir sehingga hubungan emosional terjalin.

“Sepak bola tanpa latihan enggak mungkin menghasilkan prestasi. Kami latihan seminggu lima kali,” ucap Ahmad.

Ia optimistis laga melawan Persebaya, Persipan mampu meraih kemenangan. Sebab, kata dia, dilihat dari sisi permainan Persebaya tidak patut ditakuti karena pemainnya bisa bermain lebih baik dari klub asal Jawa Timur tersebut.

“Persebaya tidak terlalu istimewa, mereka main kolektif dan biasa saja. Mungkin dalam laga nanti mental mereka akan down (jatuh) karena membawa nama besar Persebaya dan kami sudah siap mental,” tutur Ahmad.

Ia berharap dalam laga tersebut Persipan mampu mengobati luka Persita Tangerang yang gagal menjadi juara pada turnamen Soeratin U-17 2017. Kegagalan Persita menjadi yang terbaik diharapkan bisa ditebus oleh Persipan sehingga gelar juara menjadi prestise dan mengangkat marwah sepak bola Provinsi Banten.

“Kami ingin mengangkat prestasi sepak bola di Kabupaten Pandeglang, nama baik Provinsi Banten di kancah nasional. Mudah-mudahan Persipan mampu memberikan gelar piala Soeratin,” kata Ahmad.

Persipan melaju ke babak final hampir tanpa cacat. Di grup H, Persipan menjadi pemuncak klasemen setelah melumat semua lawan-lawannya. Mulai dari klub dari Bangka Belitung dengan skor 6-2, Flores Timur 5-1 dan Kolaka 5-1. Dibabak 32 besar, Persipan bertemu Sandek klub asal Sulawesi Barat (Sulbar). Pada babak 32 besar tersebut, Persipan kembali menang telak dengan skor 4-1.

Barulah di babak 8 besar, Persipan bertemu dengan tim kuat yakni Halmera Timur. Tim tersebut memiliki pemain yang berkualitas khas Indonesia timur dan nyaris mengalahkan Persipan.

“Mereka pemainnya bagus-bagus. Mereka juga target juara, kami menang adu tendangan penalti dengan skor 6-5 setelah waktu normal imbang 1-1. Di babak semi final kami menang atas Persikabo 3-1,” tutur Ahmad. (FI/Ade Taufik)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here