Final MTQ Kota Serang Digelar Malam Ini

SERANG, (KB).- Seluruh cabang perlombaan MTQ Kota Serang memasuki final Selasa (19/2/2019) malam ini, di Panggung Utama di Lapangan SMPN 8 Kota Serang, Kecamatan Walantaka.

“Finalnya malam ini, tapi pengumuman pemenang di internal terlebih dahulu. Jadi kami kumpulkan dulu officialnya untuk babak penyisihan. Kemudian dilanjutkan ke babak final,” kata Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Serang Itang Yunaz.

Ia mengatakan, penilaian tersebut dilakukan di beberapa tempat lomba yang ada di lingkungan Kecamatan Walantaka. “Penilaian di masing-masing tempat. Kalau untuk finalnya baru di panggung utama,” katanya.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada Rabu (20/2/2019) malam. “Pengumuman pemenang itu besok malam, sekaligus pembagian piala pemenang lomba dan piala bergulir. Jadi ditentukan besok malam,” ucapnya.

Diketahui ada 12 cabang lomba MTQ IX Kota Serang, antara lain Tilawah Alquran, Hifdzil Quran, Tafsil Alquran, Qiroat Alquran, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Khatil Quran, Qiroatul Kutub, Tahfidz Hadist, dan Musabaqoh Makalah Ilmiah Al-Quran (M2IQ).

Dari semua cabang tersebut dinilai berdasarkan materinya. Seperti penilaian tilawah yang terdiri dari tajwid, dengan makharijul huruf, shifatul huruf, ahkamul huruf dan ahkamul mad wal qoshr. Kemudian fashohah dan adab, yang terdiri dari al waqf wal ibtida, muroatul kalimat wal harokat, muroatul kalimat wal ayat dan adzabut tilawah. Terakhir, penilaian suara atau tempo lagu, serta pengaturan nafas.

“Untuk penilaian, misalnya tilawah itu dinilai dari tajwid, kemudian fashohah, dan suara atau tempo lagu. Kalau yang di tafsil itu materi arahan. Kemudian gaya bahasa, dan tilawahnya. Nanti malam akan kami nilai kembali, jadi besok malam sudah ada hasilnya,” kata Itang.

Jumlah peserta yang diikutsertakan pada masing-masing cabang tersebut seluruhnya berjumlah 480 orang yang terdiri dari kelompok qari dan qariah. Kemudian, golongan anak-anak, golongan remaja dan golongan dewasa.

“Untuk peserta per kecamatan ada 80 orang. Jadi total ada 480 orang dari enam kecamatan di Kota Serang,” ujarnya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here