Minggu, 18 Februari 2018

Festival Qasidah Nasional 2017: Banten Juara Empat

PADANG, (KB).- Kafilah Banten hanya mampu meraih juara empat pada Festival Seni Qasidah Nasional XXII di Padang, Sumatera Barat, 18 hingga 24 November 2017. Ketua Kafilah Banten, H. Uwesul Qurni mengatakan, juara umum diraih tuan rumah Sumatera Barat dengan meraih 74 poin.
Juara kedua direbut Sulawesi tengah (52 poin), juara ketiga Sumatera Utara (40 poin), juara keempat Banten (34 poin), juara kelima Jawa Barat (31 poin), juara keenam Kalteng (26 poin).

H. Uwesul menyebutkan, pada ajang dua tahunan tersebut peserta Banten berhasil menguasai beberapa cabang lomba. Pada qasidah klasik dewasa putra, Banten meraih juara I, qasidah klasik dewasa putri juara I, qasidah klasik remaja putra juara harapan I, qaasidah klasik remaja putr harapan I, bintang vokalis dewasa putri harapan I, bintang vokalis anak-anak putra juara III, fashion putra harapan I, dan fashion putri harapan III. “Kami mohon maaf kepada masyarakat Banten karena belum bisa membawa pulang piala juara umum,” katanya.

Terhadap para juara, Uwes mengaku belum mengetahui bonus yang akan diberikan. “Intinya, peserta tidak ngotor ingin mendapat bonus. Kemenangan tersebut dihadiahkan untuk Banten,” katanya. Sebelumnya, Pemprov Banten tidak menjanjikan hadiah untuk peserta dari provinsi itu yang berhasil meraih juara pada Festival Seni Qasidah Nasional XXII di Padang, Sumatera Barat, 18-24 November 2017. “Hingga saat ini belum ada janji apapun,” kata Kepala Biro Kesra Pemprov Banten H. Irvan Santoso.

Irvan yakin, meski tanpa janji hadiah namun kafilah Banten yang saat ini sedang bejuang membawa nama harus daerah akan tetap semangat. “Mereka adalah anak-anak bangsa yang tulus ingin berkarya dan menorehkan tinta emas untuh keharuman nama daerah. Dijanjikan hadiah atau tidak, mereka akan tetap berjuang dengan semangat,” kata Irvan.

Ketua Umum Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Provinsi Banten, Dr. Encep S menegaskan, kafilah Banten berangkat ke Padang mengusung misi untuk memperjuangkan nama Banten. “Walaupun tanpa janji hadiah, kami akan tetap bersemangat dan termotivasi,” katanya. Festival Seni Qasidah ke-22 di Padang selama 18-25 November 2017 melombakan empat cabang lomba.

Antara lain Lomba Bintang Vokalis tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa kategori putra-putri. Selanjutnya Qasidah Klasik tingkat remaja dan dewasa putra-putri, serta Qasidah Kolaborasi dan Fashion Show Muslim/Muslimah putra-putri. Kegiatan dua tahunan itu dilangsungkan di Lapangan RTH Imam Bonjol sebagai panggung utama, Masjid Agung Nurul Iman, Taman Budaya Sumatera Barat, dan Aula Anggung Nan Tongga BI Padang. (SY)***


Sekilas Info

Jokowi: Pers Semakin Diperlukan di Era Digital

PADANG, (KB).- Presiden Joko Widodo mengatakan, pers semakin diperlukan di tengah kemajuan teknologi digital dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *