Festival Pencak Silat se-Kota Cilegon, Lestarikan Warisan Budaya Bangsa

Festival Pencak Silat

Setelah sukses menggelar kegiatan “Golok Day”, pihak Disbudpar Kota Cilegon bekerja sama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia Kota Cilegon (IPSI) menggelar Festival Pencak Silat di Halaman Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Ahad (30/4/2017) lalu. Kegiatan tersebut, digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kota Cilegon.

Wakil Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi dalam sambutan mengatakan, dalam kebudayaan sebenarnya terkandung dua potensi yang menyebabkan kebudayaan tetap eksis dalam kehidupan, yakni potensi untuk melestarikan kebudayaan (preservatif) dan potensi menarik kebudayaan tersebut untuk maju (progresif). “Di dalam dua potensi inilah masyarakat berada dan menentukan ke arah mana kebudayaanya itu berkembang. Untuk menentukan arah tersebut, maka masyarakat harus memiliki kesadaran budaya dan ketahanan budaya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kota Cilegon, Heri Mardiana menuturkan, sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan tersebut, yakni “Lestarikan Pencak Silat Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa”, pihaknya akan konsen untuk menggelar event rutin setiap tahun. “Insya Allah, kami akan konsen dalam melestarikan pencak silat sebagai budaya bangsa dan akan ditingkatkan kegiatannya,” tuturnya.

Ketua IPSI Cilegon, Muharman Koto kepada awak media mengatakan, festival tersebut, adalah salah satu agenda program kerja. Setelah temu peguron beberapa waktu yang lalu, pihaknya langsung menggebrak dengan kegiatan Festival Pencak Silat. (Himawan Sutanto/”KB”)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here