Jumat, 16 November 2018

Festival Pencak Silat Nusantara Diikuti Puluhan Peguron

CILEGON, (KB).- Sebanyak 8 Anak Cabang (Ancab) dan 42 peguron mengikuti Festival Pencak Silat Nusantara di Alun-alun Kota Cilegon, Ahad (6/5/2018). Kegiatan itu digelar Disparbud bekerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon.

Kadisparbud Kota Cilegon Heri Mardiana kepada kabar-banten.com mengatakan, kegiatan Festival Pencak Silat ini masuk dalam rangkaian HUT Kota Cilegon.

“Setelah menggelar Golok Day, seminar pencak silat dan kami tutup dengan Festival Pencak Silat Nusantara yang diikuti oleh puluhan peguron dari berbagai daerah,” katanya.

Heri menjelaskan, Festival Pencak Silat merupakan ajang silaturahim dan temu pendekar dari berbagai daerah, sekaligus tukar ilmu silat dan pengalaman bertanding.

“Kalau kami di Bidang Kebudayaan serta pelestarian dan peguron di Kota Cilegon selama ini memang bersama IPSI, akan tetapi untuk budaya tersebut kami ikut bertanggung jawab,” ujarnya.

Terpisah, Ketua IPSI Cilegon Muharman Koto menyatakan, digelarnya Festival Pencak Silat ini khusus untuk internal Kota Cilegon adalah menyamakan gerak dan jurus.

“Apalagi kalau pesertanya dari anak cabang. Artinya, dari masing-masing Ancab, kami ambil atlet yang baik dan kami diklat agar mereka menjadi atlet silat yang handal,” tuturnya.

Untuk yang Nusantara, lanjut Muharman, peguron yang ada di Kota Cilegon harus banyak-banyak belajar, karena pada gerakan atau jurus bisa ada perkembangan.

“Namanya belajar dan memperdalam untuk memperluas wawasan tentang silat itu harus terus. Gerakan dan jurus mengalami perkembangan. Kami berharap peguron Cilegon bisa memanfaatkan momentum kegiatan ini,” ungkapnya. (HS)*


Sekilas Info

Dewan Soroti Masalah Sampah di Kota Cilegon

CILEGON, (KB).- Masalah sampah di Kota Cilegon mendapat sorotan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *