Selasa, 11 Desember 2018
Penyerahan Piala Juara 1, 2 dan 3 Festival Nasional Pencak Silat Seni 2018.*

Festival Nasional Pencak Silat Seni 2018, Pesilat Banten Berjaya

SERANG, (KB).- Pesilat Banten berhasil menjadi yang terbaik dalam Festival Nasional Seni Pencak Silat, yang digelar di Museum Negeri Banten pada 14-16 November 2018. Pesilat Banten menyabet juara umum, setelah menempati raihan pertama dan juara ke-2 dalam festival yang diikuti 12 provinsi di Indonesia tersebut.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Banten, Ajat Sudrajat mengatakan, keberhasilan menyabet juara pertama dan kedua tersebut, menandakan bahwa Banten sebagai daerah jawara sudah terbukti.

“Alhamdulillah bersyukur kepada Allah karena sebagai tuan rumah kita sukses pelaksanaan juga sukses prestasi. Ini kebanggaan Banten dan segenap peguron silat di Provinsi Banten,” ujar Ajat saat ditemui usai penutupan Festival Nasional Seni Pencak Silat.

Ia mengatakan, festival kesenian bela diri pencak silat tersebut, selain diikuti pesilat dari 12 provinsi di Indonesia juga sembilan peguron. Total pesilat yang turut serta dalam festival kebudayaan pencak silat tersebut mencapai 850 orang. Dalam festival tersebut Banten mengirim pesilatnya yang tergabung di grup Banten 1 dan Banten 2 berhasil mendominasi nomor yang dipertandingkan.

Ajat mengatakan, Banten 1 yang menjadi unggulan berhasil menjawab ekspektasi IPSI Banten dengan menyabet juara umum. “Ini yang menjadi semangat kami ke depan, supaya perjuangan ini dalam pelestarian seni budaya baik di tingkat Provinsi Banten dan di tingkat nasional benar-benar kami bisa laksanakan. Tinggal kami tetap merapatkan barisan, fokus capaian yang didapatkan sekarang ini, bukan harus euforia sekarang tapi cambuk untuk ke depan,” kata Ajat.

Sekretaris Pertandingan Festival Nasional Seni Pencak Silat Medi mengatakan, dari 12 provinsi yang berpartisipasi, Jakarta berhasil menjadi yang terbaik ke-3. Pesilat DKI berhasil mengumpulkan 10 piala. “Juara satu diraih oleh Banten 1 dengan mendapatkan 13 piala. Juara kedua didapat oleh Banten 2 dengan mengoleksi 12 piala. Untuk juara yang ketiga mendapatkan 10 piala dari DKI Jakarta,” tutur Medi.

Sementara itu, Sekretaris Bidang Seni dan Budaya PB IPSI, Porseda Risman menilai, penunjukan Banten sebagai tuan rumah pertama Festival Nasional Pencak Silat Seni 2018 tidak sia-sia. Ia mengapresiasi pelaksanaan berjalan sukses dan semarak.

“Festival ini baru pertama kali digelar, Banten menjadi tuan rumah yang pertama. Karena kita tahu dan paham bahwa Banten ini adalah provinsinya silat. PB IPSI memberikan penghormatan pertama, dan alhamdulillah berhasil,” ucap Risman.

Ia menuturkan, Festival Nasional Seni Pencak Silat yang ke-2 akan kembali digelar. Mengenai tempat dan waktu belum diputuskan. “Ada beberapa provinsi yang sudah menyatakan siap menjadi tuan rumah untuk 2019 mendatang. Sudah ada empat provinsi yang mengajukan diri, tapi nanti kita akan rembukan dulu di PB IPSI,” tutur Risman. (FI)*


Sekilas Info

Banten Tuan Rumah Pra-PON Basket

SERANG, (KB).- Pelaksanaan babak prakualifikasi Pekan Olah raga Nasional (Pra-PON) 2019 cabang olahraga basket dipastikan diselenggarakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *