FEBI UIN Banten Kerja Sama dengan Yatim Mandiri, Seratus Anak Yatim Dapat Santunan

SERANG, (KB).- Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sulatan Maulana Hasanudin (UIN SMH) Banten dan Yayasan Yatim Mandiri Banten menggelar acara Ramadan Ceria di Aula II Aula Syadzili Hasan, Kampus UIN Banten, Jumat (17/5/2019).

Acara diisi dengan pembagian santunan, mendongeng dan buka puasa bersama anak-anak yatim.  Selain itu juga dilakukan penandatanganan memorandum of agreement (MoA) antara FEBI UIN Banten dengan HU Kabar Banten.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor II UIN SMH Banten Encep Syarifudin, Dekan FEBI UIN SMH Banten Nihayatul Maskuroh, para wakil dekan, Direktur Kabar Banten Rachmat Ginandjar, dan Kepala Cabang Yatim Mandiri Banten Andi Setiadi.

Wakil Rektor II UIN SMH Banten Encep Syarifudin mengapresiasi kegiatan Ramadan Ceria yang diselenggarakan FEBI dan Yatim Mandiri. “Kegiatan pada bulan Ramadan ini merupakan ladang amal. Apalagi memberikan santunan kepada anak yatim,” kata Encep.

Ia mengharapkan kerjasama FEBI dan Yatim Mandiri terus ditingkatkan. Encep juga mengatakan UIN Banten sangat terbuka jika ada yatim yang mau kuliah.

“Kami sangat mendukung anak yatim yang kuliah di UIN Banten. Kan ada program Bidikmisi yang ditujukan bagi calon mahasiswa yang berprestasi tetapi tidak mampu secara ekonomi,” katanya.

Dekan FEBI UIN SMH Banten Nihayatul Maskuroh mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FEBI kerja sama dengan Yatim Mandiri.

“Kegiatan ini awalnya dari pengabdian masyarakat di Baros yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan ini. Nanti juga akan dilakukan santunan di Panimbang untuk korban tsunami,” katanya.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FEBI UIN Banten Ilham Hibatullah mengatakan kegiatan ini tindak lanjut kerja sama dengan Yatim Mandiri. Karena bertepatan pada  bulan Ramadan. Kegiatan yang digelar buka bersama sekaligus silaturahmi dengan Himpunan Jurusan di FEBI.

“Saya berharap dapat terus bersinergi dengan semua pihak sehingga dapat lebih bermanfaat bagi bagi khalayak,” katanya.

Ia mengatakan rangkaian acara yang dicanangkan merupakan agenda tahunan. “Hanya kali ini sedikit berbeda dengan tahun lalu, yaitu ditambahkannya kontrak kerja sama dengan Harian Umum Kabar Banten, dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri.

“Kami mempunyai program Kamis Sedekah, dengan teknis semua kalangan di FEBI baik dosen, staf, dekanat, dan mahasiswa memberikan sedikit hartanya kepada program tersebut. Dari hasil tersebut kami salurkan kepada Yatim Mandiri, dan kepada media selain untuk publikasi. Kami juga mempunyai program kelas jurnalistik. Pematerinya dari Kabar Banten,” tuturnya.

Selain makanan dan minuman, 100 anak yatim yang hadir dalam acara mendapatkan santunan.“Karena usianya rata-rata usianya masih anak-anak, kami memberikan santunan kepada wali anak yatim tersebut,” ucap pria pria yang akrab dipanggil ilham ini.

Acara Ramadan Ceria ini berlangsung menarik . Anak-anak yatim tampak menikmati  acara tersebut dengan gembira ketika. Apalagi saat “Kak Ihan” dari Kampung Dongeng Cilegon tampil.

”Kami senang bisa memberikan hiburan berupa dongeng. Semoga ini dapat menghibur anak-anak yatim dan tamu undangan yang hadir di sini,” ujarnya.(Azzam/H-18)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here