Fatah Sulaiman, Calon Rektor Untirta

Fatah Sulaiman*

Visi : Menjadikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sebagai Integrated, Smart and Green (It’s Green) University yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing, di kawasan ASEAN di 2030. Misi : Meningkatkan kualitas, relevansi dan daya saing pendidikan serta lulusan yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing, di kawasan ASEAN. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan nyata sesuai perkembangan jaman. Meningkatkan daya dukung tatakelola perguruan tinggi yang baik sebagai implementasi dari Integrated Smart and Green (It’s Green) University. Value : JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)

Integrated, Smart & Green University

Untirta, It’s Green University untuk mewujudkan Untirta sebagai universitas kelas dunia yang mampu bersaing di tataran global dan menjadi kebanggaan masyarakat Banten. Bermodalkan jati diri karakter, norma atau nilai JAWARA . Seluruh sivitas akademika dapat menjadikan Untirta sebagai kampus yang memiliki kewibawaan akademik , kewibawaan intelektual, kampus pusat pengembangan karakter positif, budaya luhur bangsa dan kearifan lokal dalam bingkai semangat nasionalisme guna menjaga keutuhan NKRI.

Integrated

Bermakna menggabungkan seluruh potensi kampus, baik potensi fisik maupun non fisik dengan filosofi together make stronger. Integrasi ini juga menciptakan lingkungan belajar yang positif di mana Dosen, Staf Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa dari kelima zona kampus yang dimiliki Untirta yakni Pakupatan, Cilegon, Ciwaru, Kepandean, dan Kawasan kampus baru Sindangsari, dapat berinteraksi dengan nyaman dan tercipta atmosfer akademik yang berkualitas.

Implementasi Sistem Manajemen Terpadu akan mengintegrasikan semua sistem dan proses organisasi kedalam satu kerangka kerja yang lengkap. Untuk mewujudkan hal ini maka akan dibangun konektivitas antar zona kampus yang ada menggunakan jaringan internet dengan backbone fiber optic dan perangkat Sistem terintegrasi berbasis ICT.

Untirta Kampus Sindangsari akan menjadi command center bagi zona zona kampus Untirta lainnya yang tersebar di 5 zona saat ini. Integrasi juga menciptakan lingkungan belajar yang positif di mana Dosen, Staf Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa dari ke-5 zona (Sindang sari, Pakupatan, Cilegon, Kepandean, Ciwaru) kampus Untirta, tumbuh dalam harmoni kebersamaan dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta mencerminkan beragam budaya yang hidup di Banten dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Smart University

Smart University mengandung pengertian tercapainya kampusUntirta yang berbasis teknologi dan sistem terintegrasi berbasis ICT. Di dalamnya dibangun dan diterapkan fasilitas smart office and organization, smart building management, smart finance, smart meeting, untirta command center, smart laboratorium, smart café, smart card), penerangan (smart lighting), parkir (smart parking), dantransportasi (smart transportation) dan smart layanan tri dharma Perguruan Tinggi.

Green University

Langkah-langkah sederhana yang bisa diterapkan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan Green University meliputi: konservasi, efisiensi, produktivitas, Harmonisasi dengan lingkungan dan Pelayanansosial. Green Univesity ini secara operasional tercermin dalam tata kerja berdasarkan prinsip-prinsip Good Governance (G), Relevancy (R), Enterpreneurship (E), dan Networking (N).

Masa depan Untirta menjadi tanggung-jawab kita bersama, seluruh keluarga besar civitas akademika Untirta.Visi, misi dan value Untirta di atas, meyakinkan kita bahwa Untirta pada tahun 2030 bisa menjadi World Class University, yang leading di kawasan regional ASEAN. Mari kita bergandeng tangan untuk melaksanakan setiap gagasan-gagasan positif, untuk menata kampus Untirta yang lebih baik. Akhirnya semoga Allah SWT, senantiasa meridhoi langkah kita semua dalam melaksanakan tugas mulia di Untirta yang kita cintai.

Dr. H. Fatah Sulaiman, ST. MT, LEKTOR KEPALA, Pembina (IV/A), Dosen Fakultas Teknik, Doktor Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pengendalian Lingkungan 2009, Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik (2003-2007), Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan, dan Sistem Informasi (2011-2015), Wakil Rektor Bidang Akademik (2015-2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here