Minggu, 24 Juni 2018

Faperta Untirta Siapkan Kebun Percobaan

SERANG, (KB).- Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan kegiatan pelatihan Good Laboratory Practice (GLP). Kegiatan tersebut dilakukan di Aula Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Untirta, Sindangsari, Serang, Kamis (1/3/2018).

Ketua Pelaksana, Sri Ritawati mengatakan, pembekalan tersebut untuk memberi pemahaman dan melatih mahasiswa, agar tampil dalam bidang pertanian. Selain itu, juga bisa meningkatkan pelayanan praktikum mahasiswa dari Fakultas Pertanian khususnya di Program Studi (Prodi) Agroekoteknologi.

“Asisten laboratorium dibekali dengan kompetensi yang mumpuni, maka kualitas praktikum akan semakin baik. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dimulai dari Rabu (28/2/2018) sampai dengan Kamis (1/3/2018), hari pertama dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Pertanian Kampus Pakupatan Serang dan hari kedua di Laboratorium Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Kampus Sindangsari,” katanya kepada Kabar Banten, Kamis (1/3/2018).

Ia menuturkan, untuk hari pertama pesertanya sebanyak 40 orang dan dibekali dengan teori dan praktik analis kimia dasar. Hari kedua pesertanya sebanyak 20 orang, untuk hari kedua akan dibekali dengan tata cara budidaya tanaman.

“Hari kedua ini kan langsung ke kebun, jadi praktiknya budidaya tanaman, jadi perlu penyiapan lahan secara menyeluruh. Alat-alatnya juga harus dipersiapkan dari manual, seperti cangkul maupun teknis traktor, pembimbitan dan pemeliharaan tanaman, panen, serta pascapanen. Ada praktik pemotongan rumput dan pengoperasian power tracer,” ujarnya.

Kepala Kebun Percobaan Fakultas Pertanian, Samsu Hilal mengatakan, sarana fasilitas kebun percobaan lengkap dan memadai, meskipun begitu ada kendala pada faktor dana dan cara pengelolaan, untuk sumber data manusia harus memiliki tanggung jawab, inisiatif, kratif, dan inovatif dalam mengelola perkebunan tersebut.

“Edukasi pertanian menjadi hal yang sangat penting ketika menginternalisasikan kompetensi teknologi pertanian di lapangan. Kami berharap, kepada berbagai pihak dari dalam maupun luar Kampus Untirta, masyarakat akademisi Untirta lebih berkontribusi di bidang pertanian dalam rangka optimalisasi ketahanan pangan,” ucapnya.

Ia menuturkan, Kebun Percobaan Sindangsari Fakultas Pertanian tidak hanya untuk kegiatan praktikum mahasiswa saja, tetapi dapat digunakan untuk kegiatan penelitian para dosen. Dosen dan mahasiswa ataupun fakultas-fakultas yang berada di Untirta dan dinas-dinas terkait.

“Siapa saja bisa melakukan parktikum di kebun percobaan ini, agar mahasiswa dan dosen bisa saling berinteraksi memberikan pemahaman di bidang pertanian. Tentu mahasiwa di Untirta tidak semuanya tahu akan kebun percobaan ini, mereka bisa saling memanfaatkan untuk berbagi pengalaman di bidang pertanian,” tuturnya. (DE)***


Sekilas Info

Ombudsman Banjir Keluhan Masyarakat, Pengelola PPDB Online Disoal

SERANG, (KB).- Ombudsman Perwakilan Provinsi Banten mengkritik Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *