Fakta Menarik Dari Candi Prambanan Yang Jarang Diketahui

Bicara mengenai kota Yogyakarta pasti Anda langsung teringat akan budaya dan nilai-nilai historisnya. Apalagi banyak peninggalan sejarah yang berumur ratusan tahun terletak di kota ini. Hal inilah yang menjadikan Yogyakarta menjadi salah satu tujuan tempat wisata. Misalnya saja Candi Prambanan. Banyak yang tidak tahu jika Candi ini menyimpan fakta menarik.

Fakta Unik Dari Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah sebuah candi Hindu yang dibangun pada abad ke 9 Masehi. Bahkan candi ini menjadi salah satu candi terbesar di Indonesia. Konon candi ini dibuat dan dipersembahkan untuk Trimurti dari tiga dewa Hindu yang bernama Brahma yang disebut sebagai dewa pencipta, Wishnu yang bergelar sebagai dewa Pemelihara dan dewa Siwa sebagai Pemusnah.   

Candi Prambanan ini berada di kecamatan Prambanan, kota Sleman. Untuk Anda yang ingin mengunjungi Candi ini, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 17 kilometer dari timur laut kota Yogyakarta, sedangkan untuk Anda yang berangkat dari Surakarta akan menempuh jarak 50 kilometer dari barat daya kota Surakarta dan 120 kilometer dari kota Semarang. Para wisatawan yang datang ke candi ini akan disuguhkan fakta-fakta unik dan menarik, apa saja faktanya yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Keindahan Candi Prambanan

Fakta unik yang pertama dari Candi Prambanan adalah namanya, ternyata candi tersebut mempunyai nama lain yang jarang diketahui banyak orang. Nama asli dari Candi Prambanan adalah Siwagrha. Nama itu diambil dari bahasa Sansekerta yang mempunyai makna rumah siwa.

Nama ini diperkuat, karena pada zaman tersebut merupakan saat pemerintahan Rakai Pikatan. Di masa pemerintahan beliau, Dewa Siwa merupakan dewa yang begitu istimewa. Oleh karena itu sebagai penghormatan, Rakai Pikatan membangun arca Siwa Mahadewa dengan ketinggian sekitar 3 meter yang diletakkan pada sebuah ruang utama di Candi Prambanan.

2. Terdiri Dari 3 Zona

Banyak yang tidak tahu jika Candi Prambanan memiliki 3 zona. Pada zona pertama sering disebut dengan zona luar, sedangkan zona kedua disebut dengan zona tengah. Pada zona kedua ini, di dalamnya terdapat ratusan candi dengan ukuran yang kecil. Yang terakhir zona ketiga disebut zona batin suci. Di zona terakhir ini terdapat 8 buah candi utama dan 8 buah candi kecil.

3. Dirancang Menyerupai Gunung Semeru

Fakta unik yang selanjutnya mengenai Candi Prambanan adalah candi ini menyerupai sebuah gunung Semeru, menurut kosmologi Hindu Kuno, candi ini dibuat dengan desain yang mirip dengan puncak gunung Mahameru. Alasan tersebut diperkuat dengan kepercayaan pada zaman dahulu jika Mahameru adalah rumah para Dewa. Hal inilah yang menyebabkan Candi Prambanan dipercaya sebagai rumah para dewa. Sedangkan setiap bagian candi ini dibuat mengikuti pola alam semesta yang dimiliki oleh Hindu Kuno yang terbagi menjadi beberapa lapisan loka yang dimulai dari loka yang kurang suci sampai yang paling suci.

4. Bangunan Penyembahan Dewa Siwa

Candi Prambanan ini bukan sekedar peninggalan sejarah yang berusia ratusan tahun saja. Karena fakta mengatakan jika candi ini menjadi saksi penyebaran agama Hindu sehingga menjadikan Candi Prambanan identik dengan candi Hindu. Candi ini juga menjadi sebuah candi terbesar yang diperuntukan untuk tempat penyembahan Dewa Siwa.

5. Relief Bercerita Mengenai Ramayana

Candi Prambanan ini adalah sebuah tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun faktanya masih banyak yang tidak mengetahui mengenai sejarah dari candi ini. Cerita candi Prambanan ini cukup menarik dan tergambar jelas pada relief-relief yang ada di dinding candi tersebut. Disana bercerita bagaimana kisah hidup dari Ramayana.

Cerita ini dimulai di sebelah timur kompleks candi Siwa. Nah, untuk Anda yang penasaran mengenai alur cerita dari Ramayana ini, Anda bisa memutari sesuai dengan arah jarum jam, setelah itu Anda bisa melanjutkan potongan demi potongan cerita ini dari sisi barat Candi Brahma.

Demikianlah ulasan singkat yang dapat kami sampaikan mengenai fakta unik dari Candi Prambanan yang jarang diketahui banyak orang, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda dan menambah minat Anda mengunjungi candi bersejarah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here