Fakta-fakta Seputar Tiket Kereta Lebaran 2019 yang Mungkin Kamu Perlu Tahu

Foto:bhayangkaranews.com

Hanya tinggal hitungan hari, momen mudik Lebaran sudah di depan mata. Sudah memilih moda transportasi apa yang bakal dipakai buat pulang ke kampung halaman? Banyak pilihan transportasi yang bisa dimanfaatkan buat mudik. Tetapi sebaiknya pilih moda transportasi massal, karena selain lebih hemat, perjalanan pun lebih aman dan mengurangi kemacetan di jalan raya.

Di antara berbagai pilihan moda transportasi massal, kereta api adalah yang paling favorit. Baik tahun lalu maupun sekarang, kereta api tetap menjadi pilihan utama bagi para pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman masing-masing.

Belum membeli tiket kereta Lebaran tahun ini? Beberapa fakta berikut harus kamu tahu agar mudik lebih lancar.

Tiket Bisa Dibeli Sejak H-90

Sama seperti tiket kereta reguler, tiket kereta Lebaran 2019 juga sudah bisa dibeli sejak H-90. Untuk tahun ini, perusahaan kereta api Indonesia sudah membuka loket pembelian tiket sejak awal Maret lalu dan langsung laris diserbu para pemudik.

Banyak tiket yang sudah habis sejak awal pembukaan loket. Namun tak perlu khawatir, karena pada H-60 loket tiket kereta tambahan sudah mulai dijual. Sejak beberapa waktu lalu, pembelian tiket kereta tambahan untuk mudik maupun balik sudah mulai dilayani dan bisa dibeli di semua loket resmi.

Banyak Kanal Pembelian Online

Cara mudah untuk membeli tiket kereta Lebaran 2019 adalah dengan melakukannya secara online. Banyak keuntungan yang didapatkan seperti hemat waktu dan tenaga, karena pembelian bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Beli online juga membuat kesempatanmu dapat tiket lebih besar, karena bisa dibeli sejak dini hari ketika banyak orang terlelap dalam mimpi. Pilihan tempat pembelian pun beragam, karena ada banyak partner online travel agent yang digandeng oleh perusahaan kereta api Indonesia.

Ada Batasan Bagasinya, Lho!

Tak seperti dahulu ketika semua penumpang boleh membawa barang apapun ke dalam gerbong. Sejak beberapa tahun belakangan, ada pembatasan bagasi yang diberlakukan oleh perusahaan kereta demi kenyamanan penumpang. Selain batasan berat, perusahaan kereta juga membatasi ukuran barang alias volume yang bisa masuk ke gerbong penumpang.

Penumpang tetap bisa membawa barang banyak atau ukuran besar. Namun nantinya barang-barang ini akan masuk ke kargo dan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Harga Tiket Lebaran Tahun Ini Naik

Dibandingkan dengan tahun lalu, harga tiket kereta Lebaran 2019 mengalami kenaikan. Jumlahnya tidak banyak, namun cukup berbeda dan akan terasa jika membeli untuk banyak penumpang.

Siapkan dana lebih dari perkiraan harga tahun lalu. Untuk mudahnya, cek langsung harga tiket mudik Lebaran nanti di aplikasi Traveloka. Di aplikasi online travel agent terbesar di Indonesia ini, harga yang didapatkan adalah nilai final tanpa tambahan. Sehingga perhitungan bujet perjalanan akan lebih tepat dan mudah.

Perburuan tiket kereta api untuk mudik Lebaran selalu berlangsung dengan sengit. Jangan lupa siapkan alternatif moda transportasi lain sebagai rencana cadangan agar rencana mudik tetap berjalan lancar. Selain kereta api, masih banyak moda transportasi lain seperti menumpang bus, pesawat, kapal laut, rental mobil pribadi atau memanfaatkan program mudik gratis yang diberikan oleh pemerintah atau perusahaan. Sebaiknya hindari mudik dengan menggunakan sepeda motor, khususnya untuk jarak jauh. Utamakan keselamatan selama di perjalanan, dan semoga mudik tahun ini berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here