Evaluasi Uji Coba SSA Hari Pertama, Durasi Lampu Hijau Ditambah

SERANG, (KB).- Durasi lampu hijau di sejumlah persimpangan jalan di Kota Serang akan ditambah. Begitu juga dengan rambu-rambu untuk mendukung Sistem Satu Arah (SSA) atau jalan satu arah.

Hal tersebut sebagai evaluasi atas uji coba SSA di hari pertama pada Sabtu (20/4/2019). Diketahui, di hari pertama uji coba SSA tersebut dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB dan sore hari pukul 15.00 sampai 18.00 WIB.

Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Serang Indra Kurniawan mengatakan, berdasarkan evaluasi SSA pada uji coba hari pertama, ditemukan beberapa kendala.

Salah satunya efektivitas penempatan rambu sehingga pengendara bisa melihat dengan jelas. Kemudian penggunaan waterblock di Simpang Pisang Mas, pengaturan timer traffic dari arah Jalan Veteran menuju Jalan Ahmad Yani agar ditambah.

“Kami akan melakukan pengaturan timer traffic untuk penambahan waktu lampu hijau, karena volume kendaraan yang tinggi,” ujar Indra, Ahad (21/4/2019).

Ia mengungkapkan, volume kendaraan akan meningkat pada pagi hari. Apalagi di hari Senin, yang merupakan jam sibuk masyarakat untuk melakukan aktivitas berangkat sekolah dan berangkat kerja.

“Dan kami juga akan mengantisipasi dampak di luar jalur SSA. Seperti jalan yang berpotensi macet karena jam berangkat anak sekolah dan berangkat kerja. Selain itu, antisipasi juga agar tidak ada kendaraan yang melawan arah,” katanya.

Bahkan, ada penambahan rambu untuk rambu perintah yang akan dipasang di jalur SSA atau one way. “Nanti kami juga akan menambah rambu perintah agar masyarakat tidak bingung seperti kemarin. Kemudian waterblock juga nanti akan kami pasang sesuai dengan arahan jalur SSA,” ujarnya.

Menurutnya, kalau melihat dengan kasat mata area jalur SSA cukup lancar. Antrean traffic juga tidak panjang, karena fase traffic yang berkurang dari sebelumnya. Kemudian, untuk daerah yang terdampak masih perlu ada kajian karena masih belum mendapatkan data yang pasti dari hasil survei kemarin.

“Jadi untuk memastikan efektif atau tidak kami tunggu sampai masa uji coba ini berakhir dulu. Setelah itu baru kami mengkaji realisasi kinerja ruas jalan, simpang, antrean traffic, dan tundaan dari hasil uji coba tersebut,” ucapnya.

Pihaknya akan memastikan apakah SSA tersebut efektif mengurangi kemacetan setelah uji coba berakhir. ”Seperti volume kendaraan pada hari Senin dan Selasa yang mana puncak uji coba ini terlihat efektif atau tidaknya,” tuturnya.

Dishub Kota Serang juga telah menempatkan 25 surveyor untuk menghitung volume kendaraan yang melintasi jalur SSA. Namun, belum diketahui hasilnya.

Diketahui, SSA diuji coba di ruas jalan KH. Abdul Hadi (satu arah menuju Yusuf Martadilaga Benggala). Kemudian, Jl. Yusuf Martadilaga Benggala (satu arah menuju Alun-alun Kota Serang).

Selanjutnya KH. A. Khotib (satu arah menuju Simpang 4 Pisang Mas). Lalu Jl. A. Yani (satu arah menuju Simpang 4 Ahmad Yani). Dan Jalan KH. Sochari (satu arah menuju simpang 4 Warung Pojok). (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here