Etika Hubungi Dosen, Uniba Keluarkan Imbauan

SERANG, (KB).- Universitas Bina Bangsa (Uniba) mengeluarkan imbauan tata krama berjudul etika menghubungi Dosen melalui Telpon Genggam. imbauan ini dikeluarkan dengan tujuan mahasiswa menjaga sopan santun saat berinteraksi dengan dosen.

Wakil Dekan I Bidang Akademik Kemahasiswaan Budi Ilham mengatakan imbauan ini supaya lebih tahu etika ketika menghubungi dosen melalui telefon genggam. Tidak menutup kemungkinan ada saja mahasiswa yang tidak bisa menyesuaikan kondisi para dosen dengan bahasa yang tidak sopan melalui telepon genggam.

“Terkadang etika dan tata krama sering terabaikan karena transformasi budaya asing yang tak terbendung. Kearifan lokal sudah terkikis menjadi persoalan utama anak “jaman now” dalam bersikap dan bertutur kata. Ada baikanya kami mengingatkan dalam tulisan yang diletakan di depan akademik, ” katanya kepada Kabar Banten, Sabtu (17/3/2018).

Ia mengatakan imbauan itu dikeluarkan oleh bidang akademik itu wajar dan bersifat normatif agar mahasiswa punya petunjuk dan cara-cara berkomunikasi yang tepat dengan dosennya. Imbauan tersebut dikeluarkan awal masuk para calon mahasiswa agar mereka bisa bersikap sopan kepada dosennya.

“Menjaga agar mahasiswa sopan misalnya jangan menghubungi dosen tengah malam, jadi pahamlah kapan waktunya, paham cara berbicara. Dengan imbauan tersebut para mahasiswa terbiasa dan tidak hanya dilingkungan kampus saja tapi ketika mereka bekerja dengan mitra kerja mereka untuk bersikap sopan,” ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa point etika menghubungi dosen yang dibuat oleh Uniba. 1 Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi dosen. 2. Awali dengan sapaanatau mengucapkan salam. 3. Ucapakan kata maaf untuk menunjukan sopan santun dari kerendahan hati anda. 4. Sampaikan identitas anda, karena setiap dosen pasti menghadapi ratusan mahasiswa setiap harinya dan tidak menyimpan no mahasiswanya. 5. Gunakan bahasa yang umum dimengerti, tanda baca yang baik dalam konteks formal. 6. Tulislah pesan singkat dan jelas.

“Setelah tulisan di pampang, kami merasa banyak perubahan mahasiswa dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada dosen, jauh lebih santun dan memiliki nilai positif begitu juga dosen yang dihubungi merasakan perubahan positif tersebut,” katanya. (DE)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here