Erupsi Gunung Anak Krakatau Jadi Daya Tarik Wisata

PANDEGLANG, (KB).- Erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) menjadi daya tarik wisatawan lokal nusantara maupun wisatawan asing. Para wisatawan mengaku sangat terpesona saat melihat letusan dan semburan GAK pada malam hari. Salah seorang turis asal Chekoslovakia Lucas Edwardo mengatakan, erupsi GAK merupakan momen langka dan menarik untuk dijadikan objek penelitian.

“Ini menarik dan momen langka ini perlu diteliti. Mungkin bagi sebagian orang membahayakan, tetapi bagi saya ini perlu diteliti dengan seksama,” kata Lucas Edwardo kepada Kabar Banten, seusai berkunjung dari GAK, Ahad (15/7/2018). Dalam kunjungannya tersebut, Lucas Edwardo bukan saja meneliti Gunung Anak Krakatau, melainkan gunung-gunung di sekelilingnya.

Hal itu dia lakukan untuk mempelajari bebatuan serta tumbuhan yang hidup di gunung berapi yang ada di tengah laut. “Kunjungan saya bukan hanya sekadar meneliti gunung merapi. Namun ingin meneliti jenis tumbuhan dan bebatuan di sekitaran Gunung Krakatau. Nantinya akan dilanjutkan penelitian ke beberapa gunung berapi di Pulau Jawa,” ucapnya.

Sejumlah wisatawan asing mulai berdatangan ke Perairan Carita untuk menikmati pemandangan letusan Gunung Anak Krakatau.*

Sementara itu, anggota tim Vulcano Discovery, Roman Java Rino mengatakan, sebetulnya erupsi Gunung Anak Krakatau saat ini bukan jenis letusan yang menghancurkan, akan tetapi jenis letusan membangun untuk pertumbuhan gunung. “Kalau misalnya erupsi Gunung Anak Krakatau saat ini tidak berbahaya. Jadi wajar banyak turis asing banyak yang berkunjung, karena letusan ini jenis letusan konstruksi untuk membangun tubuh Gunung Anak Krakatau itu sendiri,” ucap Roman.

Saat ini, gunung tersebut begitu cepat pertumbuhannya, karena diperkirakan per hari bisa mencapai 2 sentimeter. Apalagi terjadi erupsi, maka pertumbuhannya bisa mencapai 10 sentimeter. “Wajar saat ini turis asing banyak berdatangan, karena banyak hal yang menarik dari Gunung Anak Krakatau. Tidak saja melihat dari sisi bencana alamnya,” ucapnya. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here