Minggu, 18 November 2018

Entaskan Pengangguran Melalui Kemitraan

ADA pemandangan yang berbeda dan tak biasa pada hari-hari tertentu sejak beberapa bulan lalu di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak. Puluhan motor pencari kerja terparkir rapi dan cukup lama di halaman kantor Disnaker yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Pasir Ona Rangkasbitung.

Bukan sekadar parkir atau ditinggalkan pemiliknya untuk mengurus pembuatan kartu kuning/AK1 (Kartu Pencari Kerja) seperti biasanya. Para pemilik kendaraan roda dua itu ternyata sedang mengikuti tes penerimaan pegawai pada sebuah perusahaan swasta yang dilaksanaan di ruang serba guna kantor Disnaker Lebak.

”Tesnya memang selalu di kantor Disnaker, tapi saya ikut tes ini untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan waralaba yang ada di Kabupaten Lebak. Saya sendiri sudah dua kali mengikuti tes di kantor ini,” ujar Yeni, salah seorang pencari kerja lulusan SLTA kepada Kabar Banten, beberapa waktu lalu.

Sementara itu Kepala Disnaker Lebak, Maman SP, menyatakan pelaksanaan tes perusahaan bagi calon pekerja di kantor Disnaker itu merupakan hasil kerja sama dan kesepakatan bersama antara pihak perusahaan dengan Pemkab Lebak.

Jalinan kerja sama dengan pihak perusahaan swasta itu tidak hanya memastikan adanya kuota tenaga kerja bagi warga Lebak di perusahaan itu, namun disepakati pula untuk melakukan tes bersama dalam proses rekrutmen pegawai.

”Memang sejak beberapa tahun lalu kami telah melakukan kerja sama dengan perusahaan swasta yang ada di Lebak dalam hal rekrutmen calon pegawai. Pelaksanaan tes dilakukan di Disnaker, namun seluruh soal dan keputusan untuk menerima calon pegawai sepenuhnya berada di tangan perusahaan,” kata Maman SP.

Maman mencontohkan, untuk tes pegawai di waralaba misalnya, pihak perusahaan mempercayakan proses tes itu untuk dilaksanakan di Disnaker dengan pengawasan penuh dari Disnaker.

“Yang terakhir, akhir Oktober 2018 lalu kami melakukan tes pada sekitar 200 orang yang akan ditempatkan di sejumlah waralaba di Lebak. Hasil akhirnya memang di tangan perusahaan, tapi setidaknya kami bisa memastikan tak ada calon tenaga kerja yang dirugikan pada proses rekrutmen pegawai,” ujar Kadisnaker.

Maman menambahkan, selain kerja sama dengan perusahaan di Lebak, Disnaker juga melakukan kerja sama dengan salah satu perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, dengan memberangkatkan sembilan tuna karya yang berasal dari tiga kecamatan yaitu Leuwidamar, Wanasalam, serta Malingping, ke Provinsi Kalimantan Timur, awal Oktober lalu. (Dini Hidayat)*


Sekilas Info

Truk Pengangkut Pasir Basah Kembali Berulah

LEBAK, (KB).- Sejumlah warga yang berada di ruas jalan Rangkasbitung-Cimarga, mengeluhkan dimulainya kembali aktivitas kendaraan truk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *