Engka Bela Restu, Yunior tapi Berpengalaman

Engka Bela Restu.*

PEMILIHAN umum (Pemilu) serentak 2019, Pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan presiden (Pilpres), diramaikan oleh munculnya sejumlah politisi muda. Mereka ikut berkompetisi mendulang suara rakyat agar dapat duduk di kursi legislatif. Tak terkecuali di Kota Serang, banyak anak muda yang tampil dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Hasilnya, tak sedikit politisi muda yang duduk di kursi wakil rakyat. Salah satunya adalah Engka Bela Restu (32) yang dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang periode 2019-2024.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini maju dari Daerah pemilihan (Dapil) Kota Serang 4 (Kecamatan Curug-Walantaka). Engka terpilih setelah meraup suara signifikan, yakni 8.188 suara. Kini, Engka pun dipercaya menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Serang.

Pria yang sudah dikaruniai dua orang anak ini tidak pernah membayangkan menjadi politisi dan bisa duduk menjadi wakil rakyat. Dia menuturkan, awalnya lebih tertarik menjadi pedagang, profesi yang ditekuni sebagian besar anggota keluarganya secara turun temurun.

“Saya sendiri gak nyangka (jadi politisi). Tapi di samping sahabat-sahabat nabi juga ada panglima perang dan politikus, jadi takdir saya mungkin harus jadi politisi,” katanya kepada Kabar Banten, kemarin.

Sebagai orang yang baru berkiprah sebagai legislator, Engka menyadari bahwa dirinya perlu adaptasi terlebih dahulu. Ia akan terus belajar terhadap senior-seniornya yang sudah lebih berpengalaman.

Namun, ia meyakini motivasinya sebagai anak muda yang ingin membangun Kota Serang bisa tercapai dengan kerja keras. Bagi Engka, motivasinya itu tidak mustahil bisa tercapai. Karena dirinya sudah biasa bekerja keras dan memiliki segudang pengalaman.

Karena, sebelum terjun di dunia politik, Engka pernah menjadi penjaga konter pulsa tahun 2008, kemudian di tahun yang sama menjadi tenaga honorer di Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Ia pun sempat mengajar teater tahun 2019-2011 dan menjadi pedagang pakaian via online dan toko yang digelutinya hingga sekarang.

Namun dibalik itu semua, ternyata wakil rakyat berpenampilan sederhana itu bukan orang sembarangan. Engka adalah putra Wali Kota Serang Syafrudin. Meski demikian, sikapnya tidak pernah jumawa jika dirinya merupakan anak orang nomor satu di Kota Serang.

Bahkan, dibandingkan membanggakan prestasi orangtuanya, ia lebih memilih menjadi pekerja dan berjualan. “Saya sepakat sama pepatah zaman sekarang ‘orangtua hanya mampu menceritakan sejarah, biarkan pemuda yang menentukan arah’,” ucap pria bergelar magister itu.

Atas dasar itu, pria yang memiliki hobi sepak bola itu berharap di periode pertamanya duduk sebagai anggota DPRD Kota Serang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kota Serang. “Kita berdoa semoga selalu memberikan manfaat bagi masyarakat, dimanapun kita berada,” ujarnya. (Masykur Ridho)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here