Minggu, 22 Juli 2018

Empat Partai Penuhi Syarat Ikut Pileg

CILEGON, (KB).- Sebanyak empat partai politik (parpol), yakni Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Beringin Karya (Berkarya), dan Partai Garuda memenuhi syarat untuk keikutsertaannya pada Pileg 2019 di tingkat Kota Cilegon.

Ketua KPUD Cilegon Fathullah di sela-sela penyerahan berkas hasil verifikasi faktual (verfak) di Kantor KPUD Jalan KH Abdul Latif, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Jumat (12/1/2018) mengatakan, untuk 2 partai terlebih dahulu memenuhi syarat. “Dua partai sudah terlebih dahulu memenuhi syarat (MS) dalam verifikasi faktual, yakni Perindo dan PSI, sekarang menyusul Partai Berkarya dan Garuda,” katanya.

Ia menuturkan, Partai Berkarya dalam struktur kepengurusan memenuhi syarat dari hasil verifikasi faktual dari jumlah 66 sampling, untuk memenuhi syarat sebanyak 64 dan tidak memenuhi syarat (TMS) 2 dukungan, sedangkan untuk Partai Garuda dari total berkas dukungan 94 yang memenuhi syarat sebanyak 51 dukungan dan 43 tidak memenuhi syarat.

“Namun, untuk keputusan keikutsertaannya dalam pileg nanti, ranahnya ada di KPU RI, kalau untuk tingkat daerah Kota Cilegon semuanya memenuhi syarat,” ujarnya. Disinggung mengenai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di mana partai baru dan lama harus melakukan verifikasi ulang dari awal, jawab dia, untuk partai baru sudah, sedangkan partai lama masih menunggu surat edaran dari KPU RI.

“Terkait hasil putusan MK, sebenarnya memang tidak berpangaruh terhadap parpol yang ikut serta dalam Pileg 2019 mendatang. Hanya saja untuk partai lama kami masih menunggu edaran dan perintah dari KPU RI untuk menindaklanjuti putusan tersebut. Kemungkinan tidak lama lagi dan tidak berpengaruh, karena partai lama dalam pemberkasan juga sudah menyerahkan dukungannya,” ucapnya.

Terpisah, Sekjen DPD Partai Golkar Kota Cilegon, Sutisna Abas menuturkan, keputusan MK untuk melakukan verifikasi baik partai lama maupun partai baru tidak berpengaruh. Bahkan, dia sudah menyerahkan berkas sejumlah dukungan termasuk dokumen Partai Golkar untuk mengikuti verifikasi faktual.

“Amanat pak Iman kepada salah satu keluarga dan disampaikan ke saya, agar segera dan bisa menyelesaikan segala sesuatu yang bersifat administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,yakni tahapan pendaftaran, sudah kami lakukan berupa penyerahan dukungan anggota, yakni salinan kartu tanda anggota (KTA) dan KTP elektronik. Jumlah tersbut harus sesuai dengan angka yang nanti tertera pada sistem informasi partai politik (Sipol) dengan jumlah dukungan 1.680 dukungan,” tuturnya.

Ia mengatakan, sampai saat ini Golkar tetap solid, sekalipun tidak ada arahan langsung. Bahkan, dia berinisiatif dan sudah konsultasi dengan ketua, sehingga ke depannya tinggal mengikuti tahapan dari KPUD Cilegon. (HS)***


Sekilas Info

BKP Cilegon Amankan Ribuan Kilogram Daging Celeng

CILEGON, (KB).- Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Cilegon kembali mengamankan ribuan kilogram daging celeng, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *