Empat BUMDes di Kabupaten Lebak Kembalikan Modal

LEBAK, (KB).- Empat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Lebak yang usahanya tidak berkembang telah mengembalikan dana penyertaan modal ke kas desa.

Meski begitu, pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak enggan merilis besaran modal yang dikembalikan masing-masing BUMDes.

“Iya, ada empat BUMDes yang sudah mengembalikan dana penyertaan modal ke kas desa,” kata Kepala seksi Bina Usaha Lembaga Ekonomi Masyarakat Desa (Binus LEMD) DPMPD Lebak Noriyatna, Rabu (20/2/2019).

Hanya saja, ia enggan menyebutkan berapa nilai dana penyertaan modal yang dikembalikan keempat BUMDes tersebut. Ia hanya menyebut keempat BUMDes itu, antara lain di Desa Cikadu, Kecamatan Cibeber, Desa Anggalan, Kecamatan Cikulur, Desa Suakan, Kecamatan Bayah dan Desa Sukatani, Kecamatan Wanasalam.

“Intinya keempat desa itu sudah mengembalilan dana penyertaan modal, itu saja. Kalau nilainya saya lupa, adalah sekitar puluhan juta pokoknya,” ujarnya.

Menurut dia, pengurus BUMDes dinilai gagal dalam mengelola dana penyertaan modal, atau tak mampu mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, pengurus BUMDes akan di evaluasi dan direvitalisasi. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here