Embung Karyasari Mengairi 60 Ha Padi

Keberadaan embung di Desa Karyasari, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang mampu mengairi 60 hektare tanaman padi milik petani. Embung atau tempat penampungan air tersebut hasil progres pembangunan dari program dana desa. Kepala Desa Karyasari, Kecamatan Cikedal, Dedi Rivaldi mengatakan, embung tersebut dibangun pada tahun anggaran 2016. Biaya pembangunan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal.

“Progres ini menjadi andalan desa, karena menopang produksi pertanian. Dulu, sebelum ada embung, hanya sekitar 20 hektare sawah yang produktif. Karena sebagian lahan pertanian kekeringan saat musim kemarau. Sekarang para petani tidak lagi kesulitan air untuk mengairi sawahnya. Pembangunan embung tersebut mampu menggerakkan sektor pertanian tanaman padi, jagung dan kedelai,” kata Kepala Desa Karyasari, Kecamatan Cikedal, Dedi Rivaldi kepada Kabar Banten, Rabu (10/1/2018).

Selain itu, kehadiran embung tersebut cukup membantu petani jagung dan kedelai. Karena para petani mendapat kemudahan pasokan air saat musim tanam. Begitu juga para petani kebun merasa terbantu dengan pembangunan embung. “Dulu, petani sering kesulitan air. Sekarang tidak lagi karena sudah ada embung,” ujarnya. Ia mengatakan, embung tersebut tidak saja menjadi pusat cadangan air untuk tanaman padi, jagung dan kedelai. Tetapi juga dijadikan sumber air untuk kebutuhan mandi cuci kakus atau MCK.

“Kondisi airnya jernih dan bersih karena berasal dari sumber mata air Citaman. Jadi embung ini bisa menjadi sarana masyarakat yang hobi mancing. Sesuai harapan kementerian, embung ini harus memiliki banyak manfaat. Ya untuk mengairi sawah, MCK dan warga yang hobi mancing,” tuturnya. Menurut dia, embung tersebut dibangun di atas lahan sekitar 1.500 M2. Sehingga cukup untuk memenuhi pasokan air untuk tanaman padi di Desa Karyasari. “Kami optimistis target produksi tanaman padi bisa meningkat tahun ini,” ucapnya.

Sementara itu, tokoh petani Karyasari, H. Maman mengatakan, dengan adanya embung tersebut memudahkan petani untuk mengawali musim tanam tahun ini. Para petani tidak lagi kesulitan air. Karena potensi air cukup memenuhi puluhan hektare pertanian. “Kami terbantu dengan adanya embung. Dan ini embung ini sangat membantu aktivitas petani untuk meningkatkan produksi tanaman padi,” tuturnya.

Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang, E.Supriadi menyambut baik progres pembangunan embung di Karyasari. Karena kehadiran embung tersebut memberikan manfaat bagi petani. “Embung ini harus menjadi percontohan desa lain. Sebab, embung tersebut dibangun sesuai lokasi dekat sumber mata air Citaman. Sehingga air yang ditampung embung itu tidak pernah surut,” katanya. (TB. A. Turmahdi)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here