Selasa, 16 Oktober 2018

Eksotisme Pulau Sangiang

BAGI pecinta wisata bahari, Pulau Sangiang kiranya tidak boleh sampai terlewat untuk dikunjungi. Sebab, pulau yang terletak di Selat Sunda ini menyimpan eksotisme panorama pantai dan pegunungan yang bisa memanjakan wisatawan. Pulau Sangiang yang secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Awalnya adalah sebuah cagar alam dengan luas 700,35 hektare. Pada tahun 1991 diubah menjadi Taman Wisata Alam Pulau Sangiang dengan luas total 700 hektare.

Pulau Sangiang memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi traveler yang hobi menjelajah dan diving. Eksotisme alam Pulau Sangiang terlihat dari kondisi lingkungan pulau yang masih hijau alami dengan hutan tropis, pantai berpasir putih dengan airnya yang biru dan tenang. Pulau Sangiang juga memiliki karang-karang indah yang dihiasi ikan berwarna-warni. Sehingga menjadi spot yang sangat cocok untuk snorkeling maupun diving.

Selain bisa menjelajahi alam bawah laut, para wisatawan juga dapat menikmati objek wisata lainnya, seperti exploring Goa Kelelawar (Bat Cave). Tidak hanya itu, di Pulau Sangiang juga terdapat penangkaran penyu yang berada di perkampungan penduduk dekat pantai. Sehingga, bisa sekalian mengenal lebih bagaimana cara merawat penyu. Jika beruntung, wisatawan akan diajak oleh guide atau penduduk lokal untuk melihat penyu bertelur pada malam hari, atau ikut melepas tukik ke laut.

Para wisatawan juga dapat berburu sunrise pada pagi hari. Tentunya itu bisa dijadikan momen untuk berfoto di setiap sudut Pulau Sangiang. Apalagi, di sana terdapat tebing tinggi, sehingga para wisatawan tidak akan kehabisan spot bagus untuk berfoto dari ketinggian. Namun, tetap harus berhati-hati dan menjaga lingkungan agar tetap asri.

Saking eksotisnya Pulau Sangiang, banyak wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang berburu spot indah di pulau ini hanya untuk melakukan sesi foto prawedding atau sekadar mencari kesunyian ditemani suara deburan ombak yang menghantam karang. Banyak juga selebgram dan vlogger serta Youtuber yang sengaja mengambil gambar di Pulau Sangiang. Karena menurut mereka pulau tersebut sangat instagramable.

Untuk dapat menikmati keindahan serta kegiatan-kegiatan di Pulau Sangiang, para wisatawan dapat menyeberang dari Anyer, tepatnya di Pelabuhan Paku menggunakan perahu cepat selama 30 sampai 45 menit. Untuk memudahkan liburan kalian, sekarang sudah banyak travel agent yang menyediakan paket perjalanan ke Pulau Sangiang. Sehingga Anda hanya tinggal menikmati liburan di Pulau Sangiang. Tapi jangan sampai lupa, untuk bawa segala perlengkapan dan obat-obatan pribadi saat pergi ke Pulau Sangiang nanti, karena di sana tidak ada toko makanan apalagi apotek. Jadi, kita sebagai traveller sejati harus paham dan mengerti dalam hal tersebut. (Rizki Putri)*


Sekilas Info

Pengunjung Bedolan Pamarayan Diprediksi Naik

SERANG, (KB).- Dinas Pemuda Olah raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang, memerkirakan jumlah kunjungan Bedol Pamarayan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *