Senin, 17 Desember 2018

Eksotisme dan Uniknya Air Sumur Kepuh Pantai Karang Tumpeng

DESTINASI Pantai Karang Tumpeng yang terletak di Kampung Pamatang Baru, Desa Banjarmasin, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten tak hanya menyimpan eksotisme keindahan pantainya saja. Pantai yang saat ini masih dikelola secara konvensional oleh masyarakat ini juga menyimpan keunikan yang pastinya cocok untuk Anda traveler kunjungi.

Di pantai ini pengunjung akan disajikan uniknya air sumur Kepuh. Konon air sumur ini dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan orang sakit. Hanya saja, wisata pantai yang memiliki luas sekitar 46 hektare ini belum ditunjang fasilitas dan akses jalan yang memadai. Sehingga perlu mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

Jasrip, warga Pamatang mengatakan, keindahan yang dimiliki pantai ini masih banyak kekurangan, khususnya fasilitas di pantai serta akses infrastruktur jalan.  “Saluran penerangan ke pantai juga tidak ada, masih perlu banyak pembenahan,” katanya.

Asal usul nama pantai

Ia menjelaskan, terkait penamaan pantai, kenapa pantai ini disebut Pantai Karang Tumpeng. Karena di pantai ini ada karang yang menyerupai tumpeng (sebuah alat kerajinan warga lokal). Selain itu, ada sebuah sumur, masyarakat sekitar menyebutnya Sumur Kepuh yang memiliki mitos tempat ini dipercayai oleh masyarakat setempat memiliki kasiat tertentu, salah satunya dapat menyembuhkan orang yang sakit jiwa.

Sementara, Khairul Amin, petugas pengelola pantai mengatakan, pihaknya sudah mengelola pantai ini selama satu tahun bersama warga sekitar. Biaya masuk ke pantai ini cukup terjangkau. Untuk roda dua dikenakan tarif Rp 10.000 dan roda empat dikenakan tarif Rp 30.000. Sementara biaya masuk pengunjung gratis atau tidak dipungut biaya. (Galuh Malpiana)*


Sekilas Info

Tanamkan Jiwa Sadar Wisata, Banten Bisa Seperti Bali dan Lombok

SEBUAH keniscayaan sektor wisata di Banten ke depan bisa sejajar dengan Bali dan Lombok, atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *