Efisiensi, Silpa Pilgub Banten Rp 10 Miliar

SERANG, (KB).- Anggaran penyelenggaraan Pilgub Banten atau Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Banten 2017 tidak terserap 100 persen. Dari Rp 270 miliar yang diberikan Pemprov Banten ke KPU, masih ada sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) sebesar Rp 10 miliar. Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Banten Agus Supriyatna seusai audiensi dengan Gubernur Banten Wahidin Halim, di ruang kerjanya Senin (29/5/2017). “Silpa sekitar Rp 10 miliar dari Rp 270 miliar. Bukan tidak terserap, tetapi memang efisiensi, penghematan. Terutama logistik yang banyak kita hemat, kemudian surat suara kan pakai LPSE (lelang),” ujar Agus, kepada wartawan.

Silpa tersebut nantinya akan dikembalikan ke kas daerah setelah proses audit. “Audit BPKP masih berlangsung, 15 hari kan. Kalau audit BPK sudah. Tutup buku 25 Mei kemarin,” ucapnya.
Agus mengatakan, pertemuan dengan gubernur tersebut untuk menyampaikan persiapan pilkada di 4 kabupaten/kota, yakni Kota Serang, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Lebak.
“Kemudian, tadi kami melaporkan hasil penyelenggaraan Pilgub Banten karena tahapan sudah selesai,” ujarnya.

Ketua Pokja Pencalonan dan Divisi Teknis KPU Banten, Saeful Bahri mengatakan, pelaporan hasil pilgub ke pemerintah daerah merupakan agenda terakhir kegiatan pilgub. “Setelah ini kami serahkan juga laporan ke KPU pusat. Ini juga sambil mengundang kepala daerah untuk bedah 5 buku berkaitan dengan Pilgub Banten. Salah satunya, buku hasil kerja sama dengan Untirta, itu riset kaitan dengan partisipasi masyarakat,” tuturnya.

Sementara Gubernur Banten Wahidin Halim mengapresiasi kinerja KPU Provinsi Banten yang telah melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Banten 15 Februari lalu dengan aman dan lancar. “Terima kasih kepada KPU Provinsi Banten. Meski Banten disebut zona merah, tapi alhamdulillah aman. Masyarakat Banten juga sudah dewasa,” kata WH. Menurut Wahidin, sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPU Banten telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik selama proses pelaksanaan Pilgub Banten. (H-42)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here