Edi Ariadi Pimpin Nasdem Banten

Edi Ariadi resmi ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Banten menggantikan Wawan Iriawan. Di hari yang sama, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta, secara mengejutkan mencalonkan diri di Pilkada Cilegon 2020, dengan mulai mendaftar ke DPC Partai Demokrat, Kamis (21/11/2019).

Penyerahan SK pimpinan Nasdem Banten dari Wawan Iriawan kepada Edi Ariadi mulai beredar sekitar pukul 19.00 WIB. Kabar Edi akan memimpin Nasdem Banten, mulai berhembus sejak Edi hadir di Kongres II Partai Nasdem, belum lama ini.

Ketua Faksi Nasdem Kota Cilegon Erik Rebi’in mengaku belum mendapatkan pemberitahuan resmi. “Saya juga bingung. Tapi yang pasti, saya juga baru melihat foto kiriman itu. Saya juga belum tahu, itu SK apa karena saya belum dapat info resmi,” kata Erik Rebi’in.

Begitu juga dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Serang, yang belum menerima informasi resmi terkait penunjukan Edi Ariadi sebagai Ketua DPW Nasdem Provinsi Banten.

Ketua DPD Nasdem Kota Serang Roni Alfanto mengatakan, sejauh ini informasi yang diterima bukan secara resmi kepartaian. Kemungkinan, informasi resmi itu diterima pada rapat DPW Nasdem yang dilaksanakan, Senin (25/11/2019).

“Jadi kita baru bisa menanggapi secara resmi setelah ada pemberitahuan. Kalau belum ada pemberitahuan resmi, nanti kita mendahului. Jadi kurang pas,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Serang itu, Kamis (21/11/2019).

Meski demikian, pihaknya siap patuh dan akan menyambut baik siapa pun yang akan memimpin DPW Nasdem Provinsi Banten yang ditunjuk Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Iya dong (siap patuh), siapa pun pasti akan kami sambut baik dan siap berkeja sama untuk meningkatkan lagi perolehan kursi (DPRD) kita di Kota Serang. Mudah-mudahan besok kita bisa merebut pimpinan (ketua) DPRD Kota Serang,” tuturnya.

Selanjutnya, ujar dia, DPD Kota Serang juga berharap dengan kepemimpinan yang baru bisa berdampak pada perolehan kursi DPRD di Provinsi Banten dan kabupaten/kota lain di Banten. Layaknya di Kota Serang, minimal bisa merebut wakil pimpinan DPRD.

“Kami berharap, siapa pun ketuanya bisa membawa Partai Nasdem menjadi partai pemenang pemilu di Provinsi Banten. Mudah-mudahan di seluruh kabupaten /kota, Partai Nasdem bisa jadi pimpinan DPRD seperti di Kota Serang,” ujarnya.

Ketua DPD Nasdem Kabupaten Serang Argandi belum mengetahui kiprah sosok Edi Ariadi di Nasdem. Selama ini, dia hanya tahu bahwa Edi adalah Wali Kota Cilegon. “Tapi kita berharap agar ke depan Nasdem menjadi lebih baik, makanya dipilih beliau,” ujarnya kepada Kabar Banten.

Argandi mengatakan, pada Senin (25/11/2019) akan dilakukan pertemuan sekretaris dan ketua seluruh DPD se-Banten di Tangerang. Meski belum tahu pasti tujuan pertemuan tersebut, namun ia menduga pertemuan itu untuk memperkenalkan sosok Edi Ariadi kepada kader.

“Itu penunjukan langsung dari pusat, kita tidak ada kuasa. Saya juga belum tahu persis SK nya itu SK definitf apakah SK Plt (pelaksana tugas). Karena ketua DPW kemarin mengundurkan diri. Saya belum merapat juga kesana. Masih tunggu juga paling Senin ketahuannya,” tuturnya.

Jika setelah adanya pimpinan baru itu, lantas ada perubahan struktur dalam tubuh DPD di kabupaten/kota. “Setelah kongres ini nanti mungkin tahun depan pasti ada perubahan struktur baik di DPW maupun DPD nya,” ucapnya.

Disinggung kemungkinan adanya pengaruh pada persiapan menghadapi Pilkada 2020, Argandi mengatakan saat ini semua kabupaten/kota sudah final atau pleno hingga tingkat provinsi.

Saat ini, pihaknya hanya tinggal menunggu keputusan dari DPP akan memberikan rekomendasi mendukung calon yang mana. “Enggak lah (tidak pengaruhi mesin politik), kita kan istilahnya terpimpin. Jadi kalau apa kata atasan kita ikuti,” tuturnya. (Tim Kabar Banten)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here