Selasa, 25 September 2018

Edi Ariadi Ajak Warga Sayangi Lingkungan

CILEGON, (KB).- Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengajak warga Cilegon untuk menyayangi lingkungan. Sehingga, kita dapat menanamkan nilai kebersihan dan kecintaan lingkungan hidup.

“Dalam meningkatkan kesadaran kita semua perlu adanya perbaikan dalam diri kita sendiri dengan menyayangi lingkungan dan memperbaiki alam sekitar,” kata Edi dalam sambutannya dalam upacara Hari Lingkungan Hidup sedunia yang digelar bersamaan dengan Hari Ozon Internasional, di halaman kantor Pemkot Cilegon, Rabu (12/9/2018).

Acara tersebut, menurut Edi, merupakan perwujudan komitmen bersama seluruh pihak dalam upaya mengatasi sampah plastik di berbagai belahan dunia.

Menurut Edi, perlu adanya sinergi untuk melindungi lingkungan hidup melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) secara konsisten dan terus menerus serta menanamkan nilai-nilai kebersihan.

Sementara itu Kepala DLH Kota Cilegon Ujang Iing, berencana menyebarkan surat imbauan pengurangan pemakaian plastik kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Cilegon. Sebab, kegiatan OPD ternyata memberikan sumbangan besar terhadap produksi sampah plastik di Kota Cilegon.

Iing merasa terpukul ketika narasumber seminar pada acara tersebut menjelaskan jika kegiatan kedinasan memberikan sumbangan besar terhadap sampah plastik.

“Ini tamparan untuk saya, terlebih dalam acara ini pun kami menyediakan makanan minuman dengan bungkus berbahan plastik,” katanya.

Begitu pula pada hari-hari biasa, ASN pun selama ini terbiasa menggunakan makanan dan minuman dengan bungkusan berbahan plastik. Menurutnya, jumlah penggunaan plastik OPD bisa mengimbangi bahkan melebihi penggunaan plastik masyarakat biasa.

“ASN kalau beli makan atau minum, pasti melibatkan plastik. Minum air mineral di toko itu kan plastik, begitu juga bungkusan makanan. Sementara di satu OPD kan ada ratusan ASN, jadi terbayang jumlah produksi sampah plastik yang dihasilkan OPD,” ucapnya.

Mendapati gambaran ini, Ujang mengaku miris. Ketika Pemkot Cilegon sedang memerangi penyebaran sampah plastik, ternyata OPD menjadi penyumbang sampah plastik yang juga cukup besar. Karena itu, pihaknya akan menyebarkan surat edaran berupa imbauan untuk mengurangi penggunaan plastik. (AH)*


Sekilas Info

Kejari Kota Cilegon Diteror Bom

CILEGON, (KB).- Kantor Kejari Cilegon mendapat teror bom lewat pesan singkat, Selasa (25/9/2018). Tim Gegana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *