Dukung Wisata Religi di Tanara, Rumah Warga Siap Jadi “Homestay”

SERANG, (KB).- Pihak Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Serang mengungkapkan, saat ini sudah ada sejumlah warga di Kecamatan Tanara yang bersedia rumahnya dijadikan homestay. Hal tersebut untuk mendukung pembangunan wisata religi di kecamatan tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Destinasi Sarana Usaha Pariwisata Disparpora Kabupaten Serang Winardi mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara.

Salah satunya menyediakan homestay di kawasan wisata tersebut, seperti di Kecamatan Tanara, Pontang, dan Tirtayasa. Dari masing-masing kecamatan tersebut, sudah ada 10 rumah warga yang siap rumahnya dijadikan homestay.

“Kalau ada objek wisata itu kan harus disiapkan homestay. Saat ini kami sedang mempersiapkan itu dan alhmadulillah sudah ada rumah warga yang mau dijadikan homestay,” katanya kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Sebelumnya, dia menjelaskan, Disparpora Kabupaten Serang terlebih dulu memberikan pengetahuan dan pelatihan bagaimana standar homestay yang perlu dibuat. Sebab, keberadaan homestay perlu memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang datang berkunjung ke wisata religi. Apalagi kawasan wisata tersebut, biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang menginap lebih dari tiga pekan.

Menurut dia, hal utama yang perlu diterapkan warga, yakni soal kebersihannya. Sebab, ketika wisatawan datang untuk berkunjung akan lebih nyaman dan lebih lama menginapnya, sehingga hal tersebut, juga dinilai akan memberikan keuntungan lebih bagi rumah warga yang ditempati oleh wisatawan yang mengunjungi wisata religi Tanara.

Selain itu, dia mengatakan, warga juga diberikan pemahaman dalam penataan kamar yang rapi, cara menyediakan dan memberikan menu-menu makanan kepada tamu. Saat ini Disparpora Kabupaten Serang juga masih berupaya untuk mengajak warga lain, agar bersedia menjadikan rumahnya sebagai homestay.

“Ini membantu meningkatkan perekonomian warga, ini peluang besar. Jadi, warga harus kreatif dan kami akan terus membantu,” ujarnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here